Kamis, 1 Oktober 2009 14:24 WIB News Share :

BNPB
Korban tewas gempa Padang 220 Orang

Jakarta–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Kamis pukul 11.30 WIB jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di wilayah Sumatera Barat, Rabu (30/9), sebanyak 220 orang.

Rinciannya, sebanyak 144 orang meninggal dunia di Kota Padang, 62 orang di Kabupaten Padang Pariaman, dan 14 orang di Kota Pariaman.

Jumlah korban luka berjumlah sedikitnya 168 orang, sebagian telah dievakuasi ke rumah sakit. Jumlah korban diperkirakan masih akan terus bertambah karena hingga kini ribuan orang masih terhimpit di sejumlah reruntuhan bangunan, di antaranya di wilayah Marapalam Padang, reruntuhan Adira Finance Sawahan, reruntuhan ruko di Sawahan, reruntuhan ruko di Simpang Haru, di mesjid Nurul Imam Padang, Apotik Sari depan Nurul Imamn, Gedung Gama, BII sudirman, PT. AGD di Bypass Padang.

Selain menyebabkan korban jiwa, gempa berkekuatan 7,6 pada skala richter yang mengguncang wilayah Sumatera Barat pada Rabu petang itu juga menyebabkan sejumlah gedung bertingkat di kota Padang rusak berat.

Sebagian besar gedung kantor di lingkungan Kantor Gubernur Sumatera Barat termasuk Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Sumatera Barat dan gedung Pusdalops Penanggulangan Bencana (Crisis Center) Sumatera Barat juga rusak berat.

Ratusan rumah di Kota Padang juga rusak, dari rusak sedang hingga rusak berat.

Jumlah kerusakan rumah yang telah terdata sebanyak 32 unit, yaitu 20 unit rusak berat dan lima unit ambruk di Tunggul Hitam, tiga unit ambruk di Komplek Bumi Minang Korong Gadang dan empat unit ambruk di Komplek Taruko I.

Jalan raya juga rusak di sejumlah titik di Kota Padang, di antaranya di Bungus Teluk Kabung, dan terjadi pula kebakaran di sejumlah titik di Kota Padang, di antaranya di arah Pasar Raya Padang.

Saat ini Bandara International Minangkabau dan Bandar Udara Tabing Padang terlah dapat beroprasi kembali saat ini yang sebelumnya sempat ditutup.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…