Kamis, 1 Oktober 2009 11:40 WIB News Share :

30 Rumah di Jambi rusak berat

Jambi–Sebanyak 30 rumah warga di dua desa, yakni Desa Lolo dan Sungai Hangat, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, berjarak 410 Km barat Kota Jambi, rusak akibat gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter yang mengguncang daerah itu, Kamis (1/10) pukul 08.52 WIB.

Laporan yang disampaikan Kabag Humas Pemkab Kerinci Amir Syam ketika dihubungi dari Jambi, mengatakan, gempa yang terjadi Kamis pagi sangat terasa dan kuat berdasarkan laporan warga di sana banyak rumah yang rusak, namun belum diketahui korban jiwa akibat guncangan gempa tersebut.

Selain dua desa tersebut, diperkirakan masih ada beberapa desa lainnya di Kabupaten Kerinci yang mengalami kerusakan. Namun, pemerintah daerah sampai kini belum bisa memastikan tingkat kerusakan tersebut. Berdasarkan laporan warga dan kepolisian setempat, selain dua desa yang rumah warganya rusak, diperkirakan rumah warga yang ada di Kecamatan Mukai Tinggi, Siulak, Kayu Aro dan Gunung Kerinci juga mengalami rusak akibat gempa itu.

Bupati dan Wakil Bupati Kerinci kini sedang bersiap turun langsung ke lokasi kejadian di Desa Lolo dan Sungai Hangat guna mengetahui pasti dan melihat langsung rumah warga yang rusak serta mendata bila ada korban yang luka atau meninggal dunia.

Pemerintah Kabupaten Kerinci kini juga sedang mempersiapkan tim satuan tugas bencana alam yang terdiri atas 50 tenaga sukarela, baik medis dan lainnya serta dibantu kepolisian setempat untuk menuju ke lokasi. Selain itu, Bupati Kerinci Murasman juga sudah meminta kepada Rumah Sakit Mayjen M Taib untuk siaga dan telah membuka tenda di halaman rumah sakit untuk menanggulangi korban gempa.

Sementara itu, informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, gempa di Jambi itu berada pada koordinat 02.44 Lintang Selatan (LS) 101.59 Bujur Timur (BT), 46 kilometer tenggara Sungaipenuh dengan kedalaman 10 km.

Guncangan gempa terasa cukup kuat di Bengkulu sehingga karyawan kantor berhamburan keluar gedung.

kompas/fid

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…