Senin, 28 September 2009 20:05 WIB Wonogiri Share :

Pekan depan dilimpahkan, Jaksa susun Rendak kasus Persiwi

Wonogiri (Espos)–Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri telah menyusun rencana dakwaan (Rendak) terkait kasus dugaan korupsi di tubuh Persiwi dengan total kerugian negara Rp 228 juta.

Diperkirakan pekan depan berkas telah siap dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN).

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri, Sukaryo, tim penyelidik telah menyelesaikan Rendak kasus dugaan korupsi di Persiwi dengan tersangka ketua harian Persiwi, Lakgiyatmo.

Untuk itu, sambung dia, secara internal tim akan melakukan ekspose terkait hal tersebut.

“Rendak telah disusun tim penyidik dan besok kami akan ekspose internal. Jika berkas telah siap, secepatkan kasus tersebut akan dilimpahkan ke Pengadilan,” jelasnya ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Senin (28/9).

Ada enam Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ditunjuk untuk menangani kasus tersebut di antaranya Dian Frits Nalle dan Judewan Tangdilintin.

Menurut Kasi Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Dian Frits Nalle, masa tahanan Lakgiyatmo berakhir pada 13 Oktober mendatang, yang bersangkutan telah melaksanakan hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Wonogiri selama 140 hari.

Dia mengatakan, Rendak telah disusun dan dicermati kembali sebelum berkas tersebut dilimpahkan ke pengadilan.

“Saya sedang mencermati Rendak Persiwi kendati demikian secara keseluruhan berkas telah siap,” papar dia.

Dia menambahkan, ada 48 saksi yang dimintai keterangan, beberapa di antaranya dipanggil ulang untuk mempertegas dan memperkuat barang bukti.

Menurutnya, selain sejumlah dokumen dan keterangan saksi yang dijadikan barang bukti, tim telah menghitung total kerugian negara yang mencapai Rp 228 juta.

das

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…