Senin, 28 September 2009 20:02 WIB Wonogiri Share :

Lagi, semak di Hutan Gunung Gandul terbakar

Wonogiri (Espos)–Kejadian kebakaran giliran menimpa semak-semak dan ranting pohon di lerang pegunungan Gandul bagian selatan, Minggu (27/9) petang terbakar. Api melalap sekitar satu hektare (ha) semak dan ranting kayu milik Perhutani dan warga Kelurahan Giritirto, Wonogiri.

Api berhasil dipadamkan oleh warga sekitar hutan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun warga tetap diminta meningkatkan kewaspadaan dan tidak membuang puntung rokok ataupun api yang bisa menimbulkan kebakaran.

Pernyataan itu dikemukakan Kepala Kelurahan Giritirto, Wonogiri, Sukimin saat ditemui Espos di kantornya, Senin (28/9).

“Kami sendiri tidak tahu persis, api bermula dari mana. Kami sendiri baru ditelepon warga kemarin sekitar pukul 18.15, kalau lahan pekarangan terbakar. Saya lantas naik ke gunung,” ujar Sukimin yang lahan miliknya juga ikut terbakar.

Dijelaskan oleh Lurah Giritirto ini, api melahap semak-semak dan ranting kayu milik enam warga. Yakni Sarjo, (Alm) Gimin, Sarino, Misni, Sukimin dan separo lahan milik SMAN 3 Wonogiri.

“Saat kami naik, puluhan warga sudah berkerumun memadamkan api dengan alat seadanya. Mobil pemadam tidak bisa menjangkau karena tidak ada akses jalan,” katanya.

tus

lowongan kerja
lowongan kerja PT. Tirtakencana tatawarna, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…