Minggu, 27 September 2009 20:55 WIB Klaten Share :

Kerugian akibat kebakaran di Prambanan capai miliaran rupiah

Klaten (Espos)–Kapolres Klaten AKBP Tri Warno Atmojo menyatakan tak ada indikasi mencurigakan atau kesengajaan dalam musibah kebakaran puluhan kios suvenir dan cinderamata di Kompleks Tawan Wisata Candi (TWC) Prambanan, Klaten, Sabtu (26/9) malam lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres saat dihubungi Espos melalui nomor handphone-nya, Minggu (27/9) sore. “Indikasi mencurigakan atau kesengajaan dari mana bila kios-kios yang terbakar kecil-kecil begitu. Tapi untuk pastinya kita tunggu saja hasil uji dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng,” ujarnya.

Tri Warno menjelaskan, tim Labfor Polda Jateng telah diterjunkan guna memastikan penyebab kebakaran kios di Prambanan. Saat ditanya kapan hasil uji Labfor Polda Jateng dapat diketahui, AKBP Tri Warno memperkirakan pada Senin (28/9) ini.

Menurut dia, dugaan sementara penyebab kebakaran kios adalah korsleting atau hubungan pendek arus listrik di salah satu kios. Polisi telah memasang police line atau garis polisi di rumah yang dilaporkan milik Agus asal Pemukti Baru, Prambanan, Klaten, itu.

Pada bagian lain, Kepala Unit TWC Prambanan, Bambang Subandono mengungkapkan, kerugian materiil akibat kebakaran dari kerusakan bangunan kios saja mencapai Rp 1,2 miliar.
Kebakaran kompleks kios suvenir yang berada di bagian utara dari area perparkiran tersebut membuat 50 bangunan kopel perkiosan (kios induk-red) rata dengan tanah. Sejumlah 50 unit bangunan induk kios itu selama ini ditempati oleh 112 pedagang.

“Kerugian bangunan saja sekitar Rp 1,2 miliar. Jumlah itu belum termasuk kerugian terbakarnya barang dagangan,” jelasnya.

kur

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…