Minggu, 27 September 2009 16:01 WIB News Share :

Bibit & Chandra akan laporkan Susno Duadji ke Irwasum

Jakarta–Dua Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah berencana melaporkan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji ke Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri.

Orang nomor 1 di Bareskrim itu akan dilaporkan Senin (28/9) dengan dakwaan 7 pasal terkait dengan penetapan tersangka kepada Chandra dan Bibit.

“Kita akan melaporkan dengan 7 pasal,” ujar pengacara KPK, Achmad Rifa’i, di Puri Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (27/9).

7 Pasal itu ada pada PP 2/2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri. Pasal tersebut mencakup pasal 5 yaitu melakukan hal-hal yang dapat menurunkan harkat dan martabat pejabat Polri. Pasal 6 huruf N tentang mempengaruhi penyidikan untuk kepentingan pribadi dan huruf O yaitu melakukan upaya paksa terhadap proses penyidikan.

Dicontohkannya, keputusan yang diberikan kepada kliennya itu terlalu memaksakan. Misalnya, ketika testimoni Antasari tidak terbukti lalu berganti ke penyalahgunaan wewenang. Dan kini berganti menjadi pemerasan dan penyuapan.

Selanjutnya adalah huruf Q, yaitu penyalahgunaan wewenang.

Selain itu, terdapat pula pasal 421-423 di KUHP yang akan menyeret Susno. Pasal 421 adalah tentang pejabat yang melakukan perbuatan melawan hukum dengan kekuasaannya. Sanksi pasal-pasal di atas adalah pidana administrasi serta bisa diberhentikan dengan tidak hormat.

Sementara itu, juru bicara kuasa hukum KPK, Luhut Pangaribuan, tetap menginginkan agar penyidikan terhadap Bibit dan Chandra dihentikan.

“Tidak cukup ada alat bukti jika telah terjadi suap atau pun pemerasan,” tandas Luhut.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…