Minggu, 27 September 2009 16:25 WIB News Share :

1.158 Rumah terbakar, 5.521 orang mengungsi

Jakarta–Kebakaran hebat di Penjaringan, Jakarta Utara, masih terus dijinakkan. Kebakaran ini menyebabkan ribuan orang mengungsi.

Menurut Lurah Penjaringan Utara Ali Mudasir kebakaran ini menghanguskan 1.158 rumah yang dihuni oleh 1.446 KK atau 5.521 orang. Api mengamuk di 10 RT di RW 11 dan 12.

“Ini adalah jumlah pantuan sementara,” kata Ali di TKP, Minggu (27/9).

Sedangkan 11 warga mengalami luka ringan dan 6 orang dirujuk ke RS Atmajaya.

Api di TKP sempat padam sehingga warga bergembira. Namun api tiba-tiba terlihat lagi. Hingga pukul 16.10 WIB, petugas pemadam yang kesulitan masuk TKP di Jl Rawabebek yang sempit, masih bekerja keras mendinginkan si jago merah.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) DKI Jakarta mengerahkan 48 unit kendaraan untuk mengatasi amukan “si jago merah” yang melalap ratusan rumah warga di Tanah Merah, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Paimin Napitulu  mengatakan bahwa pihaknya masih belum berhasil memadamkan  api meskipun sudah mengerahkan puluhan kendaraan damkar.

“Persoalannya bukan kekurangan kendaraan pemadam kebakaran, tapi akses masuk yang sulit ke lokasi kejadian dan jarak sumber air yang jauh,” kata Paimin.

Paimin mengatakan, sebagian besar rumah warga yang dilalap api tersebut terbuat dari material yang mudah terbakar sehingga api dengan cepat merambat ke rumah lainnya.   Paimin juga menuturkan, petugas pemadam kebakaran mengalami kendala untuk menaklukan kobaran api yang terjadi sejak pukul 11.45 WIB tersebut, karena tiupan angin kencang dan kesibukan masyarakat yang mengamankan barang miliknya.

Guna memudahkan pasokan air, petugas kebakaran menempatkan empat unit kendaraan di jembatan layang tol (flyover), Jembatan Tiga, Penjaringan, dengan memasok air ke kendaraan yang berada di bawah jembatan di lokasi kejadian.

Selain Damkar DKI, armada kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan berasal dari Jakarta Barat, Pusat, Timur dan Utara, sedangkan Damkar Jakarta Selatan mengerahkan kendaraannya di lokasi kebakaran lainnya di kawasan Brawijaya.

Paimin menerima informasi bahwa kebakaran yang melalap permukiman padat penduduk di Penjaringan tersebut merambat hingga ke empat rukun warga (RW) di kelurahan itu.

dtc/Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja PT Astra International tbk Daihatsu Solobaru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Menjaga Kemerdekaan Pers Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (10/7/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO–Pekan lalu, di sela-sela menghadiri seminar internasional mengenai Media Self Regulating, beberapa…