Sabtu, 26 September 2009 19:56 WIB Wonogiri Share :

Jumlah penumpang bus masih ramai tahun lalu

Wonogiri (Espos)–Puncak arus balik yang diprediksi para pengusaha bis antarkota antarprovinsi terjadi, Sabtu (26/9) luput. Calon penumpang yang biasanya menginap di pool untuk menunggu kedatangan bis, kemarin tidak terlihat. Semua calon penumpang bisa terangkut saat itu.

Pengusaha bis menilai keramaian penumpang arus balik tidak seramai tahun lalu. Walau diakui Sabtu kemarin para pengusaha bis mengerahkan bisnya dua kali lipat dibanding hari-hari biasa. Kalau hari biasa hanya memberangkatkan 7-10 armada, namun kemarin mencapai 15-27 armada.

Berdasar pemantauan Espos di wilayah Kecamatan Girimarto, Sidoharjo, Ngadirojo ataupun Wonogiri penumpukan calon penumpang tidak terjadi.

Di samping itu, tahun lalu penumpukan calon penumpang biasa terjadi di pool-pool bis dan terminal. Walau demikian data di Posko Induk Dishubkominfo Wonogiri, jumlah penumpang arus balik tercatat paling banyak, yakni mencapai 8.223 penumpang atau naik sekitar 58,13% dibanding sehari sebelumnya yang hanya sekitar 5.200-an penumpang.

Pemilik bis AKAP Tunggal Dara, Ngadirojo, Mulyadi mengatakan keramaian calon penumpang bis arus balik tahun ini tidak seramai tahun lalu.

“Kalau soal jumlah, saya tidak ingat. Yang jelas masih ramai tahun lalu. Hari ini kami memberangkatkan 27 armada dan calon penumpang tidak ada yang menginap seperti tahun lalu,” ujar Mulyadi.

Mantan Sekda Wonogiri ini menjelaskan, walau tidak seramai tahun lalu pihaknya tetap memasang kajang di pool agar calon penumpang lebih nyaman saat menunggu kendaraan.

Salah seorang kru bis Timbul Jaya, Ngadirojo, Basuki mengatakan tidak terjadi penumpukan calon penumpang.

tus

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…