News
Jumat, 25 September 2009 - 10:50 WIB

G20 gantikan G8 sebagai forum ekonomi dunia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pittsburgh–Para pemimpin ekonomi dunia paling penting, telah sepakat bahwa kelompok G20 akan menggantikan G8 sebagai dewan kebijakan utama mereka, Wall Street Journal melaporkan pada Kamis.

Menurut harian AS, Grup dari 20 pemimpin pada Jumat akan mengumumkan bahwa G20 akan menjadi badan permanen untuk mengawasi ekonomi internasional sama sebagai bagian dari rencana untuk menyeimbangkan ekonomi global.

Advertisement

G20 terdiri dari delapan besar kekuatan yang dikembangkan terwakili dalam G8, tetapi juga Uni Eropa dan dan selanjutnya 11 besar ekonomi berkembang tajam untuk duduk di meja utama, termasuk India, China dan Brasil.

Negara-negara industri G8 akan tetap bertemu secara berkala untuk membahas hal non-ekonomi, seperti keamanan internasional, tetapi hanya pada basis ad hoc di sela-sela pertemuan puncak lain, kata laporan itu.

Tuan rumah KTT Amerika Serikat tidak segera mengkonfirmasikan laporan, tapi Gedung Putih tak terduga menambah konferensi pers pada 8:30 (1330 GMT) untuk jadwal Presiden Barack Obama pada hari Jumat.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dunia Forum Ekonomi G20 G8
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif