News
Jumat, 25 September 2009 - 11:04 WIB

Agung Laksono sarankan tim 5 berkomunikasi dengan DPR

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua DPR RI Agung Laksono menyarankan tim perumus yang akan merekomendasikan tiga nama calon pimpinan sementara KPK untuk berkomunikasi dengan Komisi III DPR guna merumuskan bersama kriteria berikut sumber-sumber rekrutmennya.

“Guna suksesnya kerja Tim 5 ini dan untuk menjaga nama baik pemberi tugas atau presiden, memang sebaiknya mereka tetap berkonsultasi dengan Komisi III (bidang hukum) DPR,” ujar Agung kepada pers di Jakarta, Jumat (25/9).

Advertisement

Menurut Agung, dengan adanya konsultasi atau komunikasi dengan komisi terkait di DPR, tim bentukan presiden itu akan memudahkan tim perumus membuat rumusannya tentang kriteria kandidat serta sumber-sumber rekrutmen, apakah dari daftar nama yang pernah melewati panitia seleksi dulu atau di luar itu.

Sebelumnya, Presiden SBY telah membentuk tim yang bertugas mencari dan merekomendasikan tiga nama yang akan ditetapkan sebagai pelaksana tugas (plt) pimpinan KPK.

Advertisement

Sebelumnya, Presiden SBY telah membentuk tim yang bertugas mencari dan merekomendasikan tiga nama yang akan ditetapkan sebagai pelaksana tugas (plt) pimpinan KPK.

Tim tersebut terdiri atas lima orang yaitu Menko Polhukam Widodo AS, anggota Wantimpres Adnan Buyung Nasution, Menkum HAM Andi Mattalata, mantan Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki dan aktivis dan praktisi hukum Todung Mulya Lubis.

Mereka akan bertugas dalam tujuh hari sebelum merekomendasikan tiga nama calon pimpinan sementara KPK kepada presiden.

Advertisement

Pemerintah memandang bahwa kekosongan pimpinan KPK akan berpengaruh terhadap efektifitas pelaksanaan fungsi dalam menangani masalah korupsi yang banyak dan legitimasi pengambilan keputusannya. Karenanya Presiden memandang perlu untuk menjamin efektifitas KPK dan momentum pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti.

“Saya berkeyakinan dengan suasana yang transparan, gencarnya kritikan, kecaman hingga dukungan dan harapan, berbagai aspirasi masyarakat pasti akan dijadikan input bagi tim ini. Ditambah lagi dengan kredibilitas mereka, tentunya tim juga akan berhati-hati dalam memilih orang sebagaimana diharapkan publik,” ujar Agung yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Oleh karena itu, Agung juga mengimbau masyarakat agar tidak tergesa-gesa mencap bahwa tim perumus bakal mengabaikan aspirasi publik.

Advertisement

Bagaimana pun, ia menambahkan, yang terpenting adalah output kerja mereka berupa nama-nama yang direkomendasikan kepada presiden harus tidak bermasalah hukum, apalagi terkait kasus korupsi, memiliki kompetensi tinggi dan dikenal sebagai orang yang punya integrasi tinggi atau bermoral.

Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa karena penentuan Plt pimpinan KPK didasarkan pada Perppu, maka figur yang dipilih Tim 5 tidak perlu lagi dikonsultasikan ke DPR.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif