Kamis, 24 September 2009 18:43 WIB News,Info Mudik Share :

Menhub perintahkan PT KA tambah gerbong KA ekonomi

Surabaya–Menteri Perhubungan (Menhub), Jusman Syafi’i Djamal meminta manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menambah gerbong kereta api (KA) kelas ekonomi.

“PT KAI harus menambah gerbong KA ekonomi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang hendak kembali ke Jakarta,” katanya di sela- sela melakukan inspeksi mendadak di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (24/9) sore.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang arus balik Lebaran tahun ini akan terjadi pada Sabtu (26/9) dan Minggu (27/9).

“Setidaknya PTKAI bisa memperbanyak tiket kereta kelas ekonomi tujuan Jakarta,” katanya.

Menurut dia, biasanya masyarakat akan berangkat dari daerah menuju tempat kerjanya di Jakarta pada akhir pekan sehingga pada hari Senin sudah bisa masuk kerja.

Dalam kesempatan itu, Jusman menjelaskan, para pemudik pada Lebaran tahun ini meningkat. Untuk pemudik yang menggunakan jasa pesawat udara mengalami peningkatan sekitar 24 persen.

Sementara itu, untuk angkutan laut melonjak tajam, bahkan menurut Menhub, peningkatannya bisa mencapai 100 persen sedangkan kereta api lima hingga enam persen.

Menanggapi hal itu, Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya, Nur Amin, mengatakan, jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya sudah menyiapkan kereta api tambahan.

“Bahkan untuk kereta api ekonomi tujuan Jakarta dan Bandung selain ada penambahan gerbong, juga ada penambahan jadwal keberangkatan,” katanya.

Khusus untuk kereta api kelas ekonomi ke berbagai tujuan, pihak Daop VIII Surabaya menjual tiket hingga 125 persen kapasitas penumpang.

“Namun untuk kereta api kelas eksekutif dan kelas bisnis, kami hanya menjual sesuai tempat duduk yang tersedia,” tambahnya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…