Kamis, 24 September 2009 17:06 WIB News Share :

Lowongan! Dibutuhkan 325.000 PNS

Jakarta–Lowongan untuk calon pegawai negeri sipil (PNS) akan dibuka Oktober 2009. Ada 325 ribu PNS yang dibutuhkan untuk ditempatkan di pusat maupun daerah.

“Untuk tahun 2009, secara nasional akan dibuka formasi untuk PNS sekitar 325 ribu. Angka tersebut dikarenakan tahun 2009 ini akan ada yang pensiun sekitar 125 ribu. Jadi efektif PNS-nya hanya sekitar 200 ribu,” kata Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Tasdik Kinanto.

Hal ini disampaikan dia di Gedung Kementerian Negara, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (24/9).

Dikatakan dia, dari 325.000 PNS tersebut, hanya 50 ribu untuk PNS pusat. Sedangkan 275.000 untuk daerah. Pembukaan formasi mulai dari Oktober 2009. Walaupun ada beberapa instansi yang sudah buka lebih awal.

“Seleksinya kita serahkan kepada instansi masing-masing. Tetapi harus melibatkan perguruan tinggi setempat,” ujarnya.

Tenaga yang dibutuhkan adalah tenaga teknis seperti guru, dosen, dan tenaga teknis di bidang tertentu seperti di Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum (PU).

“Saya juga sudah memerintahkan kepada seluruh instansi baik di daerah maupun pusat dalam membuka lowongan agar merinci secara jelas jumlah yang diminta, kualifikasi, jenjang pendidikan, dan penempatan agar tidak ngawang-ngawang. Setelah itu, baru kita setujui,” papar dia.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…