Sport
Rabu, 23 September 2009 - 18:36 WIB

Robson latih Timnas Thailand

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bangkok–Mantan kapten Inggris, Bryan Robson, hari Rabu setuju untuk menjadi pelatih Tim Nasional Thailand dalam kiprah pertamanya ke manajemen sepak bola internasional, kata ketua Persatuan  Sepak Bola Thailand kepada wartawan.

Mantan gelandang Manchester United itu akan menandatangani kontrak empat tahun dengan Timnas negara Asia Tenggara tersebut dan diduga akan membangun suatu skuad yang mampu mencapai putaran final Piala Dunia 2014.

Advertisement

“Ia telah setuju menjadi pelatih, ia merasa sangat senang dengan apa yang ditawarkan kepadanya,” kata Worawi Makudi kepada wartawan.

“Perjanjiannya empat tahun. Rencananya ialah ia akan melatih Thailand untuk Piala Asia, Olimpiade, dan sangat diharapkan Piala dunia juga.”

Advertisement

“Perjanjiannya empat tahun. Rencananya ialah ia akan melatih Thailand untuk Piala Asia, Olimpiade, dan sangat diharapkan Piala dunia juga.”

Worawi mengatakan Robson akan secara resmi menandatangani kontraknya bila akuntannya sudah menyetujui persyaratan-persyaratannya.

Robson, yang sudah tiga kali memperkuat negaranya di Piala Dunia, sudah melatih empat tim Inggris, tetapi tidak memunyai klub sejak ia mundur dari Sheffield United bulan Februari tahun lalu.

Advertisement

Robson akan menggantikan Reid, yang berpisah dengan Timnas Thailand 9 September setelah melatih Timnas tersebut kurang dari setahun.

Kontrak Reid yang menggiurkan dihyentikan berdasarkan persetujuan saling pengertian setelah permintaan untuk tetap menjadi pelatih Thailand merangkap sebagai asisten manajer tim Liga Utama Inggris, Stoke City, ditolak.

Tugas pertama Robson adalah meloloskan tim asuhannya ke Piala Asia 2011 di Qatar. Thailand sekarang ini menempati posisi ketiga di Grup E, dengan dua angka dari dua pertandingan pertama mereka dan satu grup dengan Iran, Singaoura, dan Jordania.

Advertisement

Ia juga diharapkan memainkan peranan penting dalam liga profesional Thailand dan mengembangkan sepak bola akar rumput di seluruh negeri yang berpenduduk 67 juta jiwa tersebut.

Selama 13 tahun di Manchester United, Robson memenangi dua gelar liga, empat Piala FA, dan Cup Winners’Cup Eropa. Ia 90 kali memperkuat tim nasional Inggris.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Latih Robson Thailand
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif