Rabu, 23 September 2009 16:16 WIB Ekonomi Share :

Pengiriman kartu pos lebaran dongkrak penjualan perangko

Solo (Espos)–Pengiriman kartu pos lebaran wisata yang disebar secara gratis oleh pihak Kantor Pos Solo menjelang Lebaran tahun 2009 beberapa waktu lalu, diakui mampu mendongkrak penjualan perangko di Kantor Pos setempat. Peningkatan penjualan prangko mencapai 20% dibanding hari-hari biasa.

“Kantor Pos Besar Solo menyebarkan sebanyak 4.000 lembar kartu pos lebaran wisata secara gratis, kemudian ditambah kartu pos lebaran dari kantor-kantor pos wilayah sekitar 1.000 hingga 2.000 lembar. Dari pengiriman kartu-kartu pos lebaran wisata tersebut, selama Lebaran mampu mendongkrak penjualan perangko di kantor pos hingga sekitar 20% dibandingkan hari-hari biasa,” ungkap Manajer Pemasaran dan Sentral Layanan Pelanggan Korporat (SLPK) Kantor Pos Solo, Hanin Fathan Choiriyah ketika dikonfirmasi Espos, Rabu (23/9).

Hanin menuturkan andalan dari kartu pos lebaran tersebut adalah prangko prisma. Disebutkan dia, data di Kantor Pos Solo tahun 2008 lalu menyebutkan pihak Kantor Pos Solo meraup pendapatan senilai Rp 3 juta dengan 2.000 prangko dengan satuan nilai Rp 1.500.

“Untuk prangko biasa atau definitif, saat ini saya belum memegang data rincinya, tapi bisa dipastikan ada kenaikan meskipun jumlahnya saya belum bisa menyebutkan secara pasti,” ungkapnya.

Hanin menambahkan tema gambar pada kartu pos lebaran wisata kali ini memang dibuat berbeda dengan masa Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya yang mengangkat tema khusus nuansa dan situasi Lebaran. Gambar-gambar pada kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kali ini bertema sejumlah lokasi atau obyek wisata ternama di Kota Solo.

“Kami sengaja mengangkat tema lokasi atau obyek wisata di Kota Solo sekaligus untuk mempromosikan tempat-tempat tersebut ke masyarakat yang lebih luas. Contohnya, bila ada warga Jakarta yang mudik ke Solo dan mengirimkan kartu ucapan tersebut untuk teman, rekan bisnis, kerabat, keluarga dan sebagainya di luar Solo, bisa sekaligus memperkenalkan sejumlah obyek wisata yang ada di Kota Solo,” papar Hanin.

Sementara itu, Rabu (23/9) kemarin, pihak Kantor Pos Solo mulai beroperasi kembali setelah libur Lebaran 2009 pada Minggu-Selasa (20-22/9).

sry

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…