News
Rabu, 23 September 2009 - 13:50 WIB

AS tutup perbatasan dengan Meksiko

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tijuana–Pihak berwenang Amerika Serikat menutup perlintasan perbatasan darat tersibuk dunia selama beberapa jam, Selasa waktu setempat setelah baku tembak antara para pedagang manusia dan agen-agen AS, kata para pejabat AS.

“Tempat perlintasan itu ditutup dan akan tetap ditutup selama beberapa jam,” kata juru bicara Bea Cukai dan Patroli Perbatasan AS Angelica Decima setelah insiden di perlintasan San Ysido antara kota Tijuana dan San Diego Meksiko.

Advertisement

Para penyelundup melepaskan tembakan di garis perbatasan lalu lintas itu ke para agen AS yang berusaha menghentikan tiga mobil yang membawa sekitar 70 imigran ilegal melintas masuk ke AS.

Para agen itu membalas serangan itu, dan tiga orang di mobil-mobil itu dan seorang pengemudi mobil cedera, kata Lauren Mack, juru bicara Badan Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Advertisement

Para agen itu membalas serangan itu, dan tiga orang di mobil-mobil itu dan seorang pengemudi mobil cedera, kata Lauren Mack, juru bicara Badan Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Mack mengatakan perlintasan perbatasan itu sebagian dibuka kembali Selasa petang waktu setempat (Rabu WIB).Satu hubungan telepon khusus perbatasan Meksiko bagi para pengendara mobil mengatakan tujuh jalur di perlintasan itu dibuka.

Geng-geng narkoba Meksiko kini meningkatkan bisnis penyelundupan manusia, tetapi keamanan perbatasan yang ketat AS memaksa mereka menerima risiko lebih besar untuk menyelundupkan narkoba dan para imigran gelap ke AS.

Advertisement

Semua imigran ilegal ditangkap dan ditahan. Perlintasan itu, satu koridor penyelundupan penting  bagi narkoba dan imigran ilegal, di tutup sementara polisi melakukan penyelidikan.

Sekitar 90 juta orang setahun menggunakan perlintasan-perlintasan  perbatasan darat, dengan hampir separuh lalu lintas melalui San Ysidro.

Para sopir yang marah membunyikan klakson-klakson  mobil ketika  lalu lintas macet di dalam perbatasan Meksiko sementara para agen AS  mengisyaratkan mereka agar memutar haluan.

Advertisement

“Saya tidak pernah tahu sebelumnya seluruh perlintasan perbatasan itu ditutup. Kami tidak yakin akan imbauan para agen itu ketika mereka mengemukakan kepada kami agar memutar haluan,” kata seorang mahasiswa Meksiko yang mengaku bernama Juan Carlos yang menyeberang perlintasan itu hampir setiap hari.

Para pejabat AS mengarahkan para pengemudi mobil ke enam perlintasan perbatasan Kalifornia, yang juga melayani truk-truk.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : AS Meksiko Perbatasan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif