kaskus
Selasa, 22 September 2009 20:14 WIB News Share :

Hikmahanto sayangkan Perppu KPK

Jakarta–Mantan anggota Panitia Seleksi Pimpinan KPK Hikmahanto Juwana menyayangkan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu)yang memungkinkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  menunjuk pelaksana tugas pimpinan KPK.

Hikmahanto Juwana yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia(UI) mengatakan di Jakarta, Selasa (22/9) bahwa bahwa dikeluarkannya Perppu) memungkinkan Presiden  menunjuk pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan KPK .

Presiden telah mengeluarkan Perppu yang memungkinkan diangkat atau ditunjuknya  pimpinan KPK.

Penerbitan Perppu ini, menurut Hikmahanto,  tidak berdampak pada penyelamatan terhadap KPK sebagaimana diinginkan oleh Presiden, tetapi justru berpotensi mempermasalahkan kewenangan yang dimiliki oleh Presiden dalam penerbitan Perppu.

Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Oktober 2009 akan dilantik sebagai Presiden untuk masa jabatan yang kedua.

Guru Besar Ilmu Hukum  ini  menyatakan paling tidak ada tiga alasan mengapa penerbitan Perppu oleh Presiden patut disayangkan atau dipertanyakan.

Pertama, bila penerbitan Perppu dilakukan untuk mengamandemen Pasal 33 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi(KPK), maka apakah saat ini telah terjadi kekosongan sebagaimana diatur dalam Pasal 33 ayat 1 itu.

ant/fid

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…