Sabtu, 19 September 2009 19:21 WIB News Share :

Sidang Isbat putuskan 1 Syawal jatuh 20 September

Jakarta–Departemen Agama (Depag) secara resmi mengumumkan 1 Syawal 1430 H jatuh pada tanggal 20 September 2009. Dengan demikian Lebaran maju satu hari dari kalender versi pemerintah yang menempatkan 1 Syawal pada 21 September.

“Semua ahli hisab telah menyatakan Idul Ftri jatuh pada 20 September. Demikian juga ahli rukyat sudah melihat hilal. Apakah ini sah diputuskan?” ujar Menteri Agama Maftuh Basyuni saat membacakan hasil sidang Isbat di Kantor Departemen Agama, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/9).

Para hadirin pun menjawab ‘sah’. Usai mengatakan itu, Maftuh lantas mengetok palu sebagai pertanda 1 Syawal jatuh pada 20 September.

Hasil pemantauan hilal di beberapa tempat menunjukkan hilal telah terlihat di 2 tempat. Kedua tempat itu adalah Pelabuhan Ratu, Sukabumi dan Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah. Di masing-masing tempat tersebut hilal dilihat oleh 3 orang yang telah disumpah.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….