Sabtu, 19 September 2009 19:53 WIB Wonogiri Share :

Lebaran, pasien RSUD minta pulang

Wonogiri (Espos)–Sejumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri minta pulang karena ingin kumpul bersama keluarga. Di bangsal Teratai tersisa sepuluh orang pasien.

Berdasarkan pantauan Espos pada H-1, keadaan rumah sakit cenderung lengang dibandingkan hari biasanya. Hal tersebut dikarenakan pasien yang rawat inap meminta untuk pulang dan merayakan Idul Fitri di rumah. Diperkirakan mereka akan kembali mendapatkan perawatan intensif setelah Lebaran.

Salah satu di antaranya adalah Darni, warga Wonokarto, Wonogiri yang telah tiga hari menjalani rawat inap karena terserang Muntaber. Meskipun raut mukanya masih pucat dan keadaan tubuhnya lemah, pihak keluarga memutuskan untuk merawatnya di rumah. Menurut salah seorang anggota keluarga Darni, Nanik, karena keadaannya sudah membaik dibandingkan tiga hari lalu maka Darni dapat pulang. “Dokter sudah membolehkan untuk pulang jadi dapat dilakukan rawat jalan,” jelas dia ketika dijumpai Espos di rumah sakit, Sabtu (19/9).

Menurut dokter piket RSUD dr Soediran Mangun Sumarso, dr Sartono, pasien yang mengakses layanan rawat jalan pada H-1 menjelang Lebaran menurun drastis dibandingkan hari sebelumnya. Dia mengatakan jika pada hari biasa ada 100 orang yang menjalani rawat jalan, hingga pukul 09.30 WIB baru ada sepuluh pasien yang meminta layanan rawat jalan. Selain itu, menjelang Lebaran biasanya pasien rawat inap cenderung meminta pulang.

 

das

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…