Info-mudik
Sabtu, 19 September 2009 - 16:59 WIB

Jumlah pemudik melalui KA melonjak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Jumlah penumpang kereta api baik kelas ekonomi maupun bisnis di Kota Solo hingga Sabtu (19/9) siang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang dihimpun Espos, hingga Sabtu siang jumlah penumpang yang turun di Stasiun Jebres mencapai 1.809 penumpang. Jumlah itu mengalami peningkatan mengingat pada hari sebelumnya mencapai 1.445 penumpang. “Sebelumnya jumlah lonjakan  penumpang hanya mencapai 100 penumpang, tetapi sejak kemarin (Jumat-red) jumlah penumpang mencapai sekitar 400 penumpang,” tutur Kepala Stasiun Jebres S Triyanto saat ditemui Espos, Sabtu.

Advertisement

Triyanto menjelaskan, dari tahun ke tahun, jumlah pemudik yang memanfaatkan jalur kereta api selalu mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari jumlah kumulatif penumpang menjelang lebaran dari tahun ke tahun. Pada H-2 tahun 2007, jumlah kumulatif penumpang mencapai 3.847. Pada H-2 tahun 2008, jumlah kumulatif penumpang mencapai 7.991, sedangkan pada H-2 tahun ini jumlahnya mencapai 9.466.

Menurut Triyanto, naiknya jumlah pemudik melalui jalur kereta api disebabkan turunnya tarif penumpang. “Sejak tanggal 15 Januari tahun ini tarif penumpang KA kelas ekonomi jurusan Jakarta-Solo turun dari Rp 40.000 menjadi Rp 37.000. Jadi, wajar jika jumlah peminat pemudik menggunakan KA ekonomi mengalami peningkatan,” tandas Triyanto.

m82

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kereta Penumpang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif