Jumat, 18 September 2009 16:19 WIB Solo Share :

Jelang Lebaran, pemotong ayam dadakan bermunculan di Pasar Ayam

Solo (Espos)–Belasan pemotong ayam dadakan mulai bermunculan di Pasar Ayam Semanggi, Jumat (18/9). Pantauan Espos, mereka menawarkan jasa dengan membuka dasaran di lokasi yang menyebar di sejumlah titik di pasar tersebut.

Sebenarnya, di Pasar Ayam Semanggi sudah ada Rumah Potong Unggas (RPU), zona khusus untuk pemotongan unggas di bagian belakang pasar.

Ada 21 pengusaha pemotongan unggas yang menempati kios-kios di RPU tersebut. Namun, menjelang Lebaran seperti saat ini, RPU itu biasanya dibanjiri oleh pelanggan.

Kondisi itu ditangkap sebagai peluang bisnis oleh para pemotong unggas dadakan ini dengan menawarkan jasa pemotongan unggas di lokasi-lokasi yang strategis.

“Kalau menjelang Lebaran begini, biasanya banyak sekali orang yang datang ke RPU. Nah, kami berharap sebagian dari mereka mau menggunakan jasa kami,” ujar Muklis, salah seorang pemotong unggas dadakan yang kemarin mulai menawarkan jasanya di Pasar Ayam Semanggi.

Muklis mengatakan, dirinya hanya akan menawarkan jasa pemotongan unggas dadakan itu selama dua hari, Jumat-Sabtu (18-19/9). Dia mengaku sangat terbantu penghasilannya dengan menawarkan jasa pemotongan unggas dadakan itu.

Dalam sehari, dia mengaku bisa memotong sekitar 100 ekor.

shs

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…