Jumat, 18 September 2009 16:30 WIB Info Mudik,Solo Share :

H-3 Lebaran, petugas stasiun kesulitan hitung pemudik

Solo (Espos)–Petugas di Stasiun Kereta Api (KA) Purwosari, Laweyan, Solo mengalami kesulitan menghitung jumlah pemudik yang turun di stasiun tersebut pada H-3, Jumat (18/9) kemarin, lantaran jumlah pemudik yang menggunakan KA sudah mengalami peningkatan.

Berdasarkan pantauan Espos Jumat kemarin, Stasiun Purwosari dipadati puluhan penumpang yang berangkat ke luar kota, baik yang tujuan ke Bandung, Jakarta dan kota lainnya. Sedangkan jumlah pemudik yang turun di stasiun itu juga meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

Sementara pantuan di jalur protokol Kota Solo, mulai dari perbatasan Solo-Sukoharjo di sisi barat, tepatnya di Kleco sampai dalam kota, arus pemudik baik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat mulai terasa. Sejumlah pemudik dengan sepeda motor sebagian besar berboncengan dengan bawaan barang tertumpuk di bagian belakang. Demikian juga mobil pribadi dengan tumpukan barang di atasnya juga mulai terlihat.

Sebagian besar mobil pribadi itu berpelat nomor Jakarta dan luar kota. Bahkan ada pemudik yang menggunakan angkutan umum pelat kuning Jakarta yang melintas di Purwosari. Para pemudik belum memanfaatkan rest area yang disediakan Dinas Perhubungan (Dishub), Poltabes dan partai politik.

Kepala Stasiun Purwosari Solo, Suwardi saat ditemui wartawan, mengungkapkan, dilihat dari jumlah kedatangan pemudik dan penumpang yang berangkat sama-sama mengalami peningkatan. Menurut dia, petugas hanya memantau penumpang yang berangkat, karena bisa terdeteksi dari jumlah tiket yang terjual. Sedangkan penumpang yang turun di stasiun tidak bisa terdekteksi, karena tidak ada alatnya.

trh

lowongan kerja
lowongan kerja PT Astra International tbk Daihatsu Solobaru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Guru Sejarah Melawan Intoleransi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (11/7/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (8/7) lalu alumnus angkatan 1985 Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta…