Info-mudik
Jumat, 18 September 2009 - 16:15 WIB

64.651 kendaraan pemudik masuki Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Memasuki H-2 Lebaran, Jumat (18/9) jumlah pemudik ke Jawa Tengah terus mengalami peningkatan. Tercatat sekitar 64.651 kendaraan pemudik dari luar kota baik, sepeda motor, mobil pribadi, dan bus telah masuk ke Provinsi Jawa Tengah.

Dari data Posko Induk Lebaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng jumlah sepeda motor yang masuk ke Jawa Tengah mencapai  39.204 unit, mobil pribadi sebanyak 19.822 unit, bus sebanyak 4.955 unit, mobil barang sebanyak 670 unit.

Advertisement

“Dari pantau arus mudik menggunakan kendaraan di empat Pos jembatan timbang pintu gerbang Jateng masing-masing Tanjung Brebes, Sarang Rembang, Wonorejo Cilacap, dan Toyoga Sragen jumlahnya telah mencapai 64.651 kendaraan,” kata petugas Posko Agus Yulianto.

Menurutnya sampai sekarang belum ada laporan kejadian menonjol, misalnya kecelakaan lalulintas yang fatal. Arus mudik Lebaran juga berjalan lancar, tanpa ada hambatan.

“Semuanya masih berjalan lancar belum ada kejadian menonjol dan kemecatan lalulintas. Berharap arus mudik Lebaran tahun ini aman,” harap Agus.

Advertisement

Dia memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada Sabtu (19/9). Untuk itu mengimbau agar para pemudik berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan.

“Dalam mengemudikan kendaraan agar tetap waspada dan mematahui rambu lalulintas yang ada,” katanya.

Titik rawan kecelakaan lelulintas antara lain di Losari, Tanjung (Brebes), Comal (Pemalang), Subah, Banyuputih (Batang), Kaliwungu (Kendal), Bawen (Ungaran), Wangon (Purwokerto), dan Prembun (Kebumen).

Advertisement

Untuk rawan kemecatan terjadi di jalur utama Brebes, Tegal, Batang, Kendal, Demak, Kudus, Pati, Ungaran, Bawen, Boyolali, Kartosuro, Klaten, Sumpyuh, Gombong (Kebumen).

Sementara penumpang mudik Lebaran yang turun di Terminal Terboyo, Semarang juga mengalami peningkatan tercatat sebanyak 8.779 penumpang dengan menggunakan 652 bus.

Sedang di Stasiun Stasiun Tawang, Semarang jumlah pemudik yang menggunakan KA bisnis dan eksekutif tercatat 6.369 orang. Pemudik di Stasiun Poncol dengan KA ekonomi dan bisnis mencapai 3.465 orang.

Di Bandara A Yani jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang tercatat sebanyak 3.091 orang.

oto

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif