Soloraya
Kamis, 17 September 2009 - 16:51 WIB

Wilayah krisis air khawatir dropping air minim

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Warga Bumi Sukowati yang tinggal di wilayah krisis air bersih mulai ketar-ketir menyusul pasokan pengiriman air dari pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat terlalu minim.

Padahal kebutuhan air bersih menjelang Lebaran sangat dibutuhkan. Oleh karena itu warga meminta Pemkab segera menggelontorkan tambahan pasokan air bersih ke wilayah tersebut. Sedikitnya empat kecamatan diketahui sudah dilanda krisis air bersih, yakni  Kalijambe, Mondokan, Tangen dan Gesi.

Advertisement

Sejumlah warga yang tinggal di kecamatan tersebut kepada Espos, Kamis (17/9) mengaku mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terpaksa mencari sumber air hingga pelosok desa lainnya.

Salah satu warga Tangen, Sri Wahono menyebutkan beberapa daerah yang mengalami krisis air bersih di antaranya, Galeh, Jekawal, Katelan dan Tlumun. Berdasarkan catatannya, di Jekawal sedikitnya ada 200 kepala keluarga (KK) yang mengalami krisis air bersih. Sedangkan di Tlumun, Katelan dan Galeh masing-masing 75 KK, 31 KK dan sekitar 32 KK. Ratusan warga ini mulai mengangsu ke tempat-tempat sumber air. Sebab sumur milik warga mulai mongering.

“Warga kini hanya bergantung pada droping air dari Pemkab. Padahal droping airnya sepekan sekali. Warga ingin droping air ditambah lagi,” pintanya.

Advertisement

Sri Wahono menuturkan krisis air bersih terjadi lantaran matinya sumber-sumber air yang ada. Tidak hanya sumur gali yang kering, sumber air permukaan seperti sendang dan sungai pun sudah mulai kering.
“Sekarang banyak warga yang mencari air hingga ke desa lain. Padahal sama kondisinya sudah mulai menipis. Karena itu Pemkab bisa segera bertindak apalagi mau Lebaran,” tegasnya.

Senada diungkapkan warga Desa Jekawal, Panut menambahkan droping air bersih yang dilakukan Pemkab hanya sepekan sekali. Itupun, kata dia, pasokan air yang digelontorkan sangat terbatas.

isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Air Droping Krisis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif