Kamis, 17 September 2009 15:28 WIB Sukoharjo Share :

Puluhan buruh dirumahkan

Sukoharjo (Espos)–Sebanyak 70 orang buruh dirumahkan menjelang Lebaran sementara 200 lebih lainnya belum menerima tiga bulan gaji serta tunjangan hari raya (THR) berdasarkan laporan yang masuk kepada Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sukoharjo.

Dirumahkannya 70 orang buruh, berdasarkan laporan yang masuk ke SPN terjadi sejak empat hari lalu. Sementara terkait nasib 200 lebih buruh yang belum menerima tiga bulan gaji serta THR, masih mengacu kepada data yang ada, akan dibayar pada Jumat (18/9) sesuai janji perusahaan.

Demikian diungkap seorang anggota SPN yang juga anggota Dewan Pengupahan, Joko Sucipto dalam pertemuan dengan jajaran pengurus SPN di PT Sritex, Kamis (17/9).

Selanjutnya, hasil pertemuan antara jajaran pengurus SPN di antaranya mendesak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan pengawasan secara lebih optimal kepada perusahaan-perusahaan di Kota Makmur.

“Menurut laporan yang kami terima, sebanyak 70 buruh dirumahkan sejak empat hari lalu. Pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak tersebut sangat bermasalah karena perusahaan tidak memberikan pesangon hingga THR kepada buruhnya,” jelas Joko ketika dijumpai wartawan.

Laporan lain, imbuh Joko, berkaitan dengan nasib 200 lebih buruh yang belum menerima tiga bulan gaji serta THR.

“Kalau menurut buruh, perusahaan berjanji membayar gaji mereka beserta pesangon besok. Nanti akan kita pantau apakah perusahaan benar-benar merealisasikan janji mereka ataukah tidak. Kalau berdasarkan pantauan kami perusahaan tetap bandel, akan kami temui pengurus perusahaannya,” tandas dia.

aps

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…