Kamis, 17 September 2009 15:29 WIB Ekonomi Share :

Pemerintah turunkan tarif bea masuk impor gula

Jakarta–Pemerintah resmi menurunkan tarif bea masuk impor gula. Untuk gula rafinasi turun dari Rp 750 per kg menjadi Rp 400 per kg dan untuk gula mentah (raw sugar ) turun dari Rp 550 per kg menjadi Rp 150 per kg.

“Hari ini baru diputuskan oleh tim tarif yaitu raw sugar jadi Rp 150 per kg dan rafinasi menjadi Rp 400 per kg,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di sela-sela kunjungan rumah pemotongan hewan sapi di Cakung Jakarta Timur, Kamis (17/9).

Dikatakan Mari, mengenai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terhadap keputusan tarif bea masuk impor  gula, hingga saat ini belum keluar.

Sebelumnya Mari mengatakan bahwa penurunan bea masuk impor gula ini tidak terlepas upaya pemerintah untuk tetap menjaga keseimbangan harga antara harga gula di dalam negeri dan luar negeri menyusul terjadinya lonjakan harga gula di dalam negeri.

“Bea masuk itu kan instrument trade menjaga keseimbangan di dalam dan luar negeri,” katanya.

Ia menjelaskan  penurunan bea masuk ini, diharapkan bisa menurunkan harga gula di dalam negeri.

Mengingat harga gula di internasional masih tinggi, sehingga proteksi terhadap petani (gula) didalam negeri sedikit dikurangi, namun pemerintah tetap menjaganya dengan tidak menghapus tarif bea masuknya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….