Kamis, 17 September 2009 18:23 WIB Info Mudik Share :

Mesin loko rusak, pemudik dari Surabaya tertahan 3,5 jam

Grobogan (Espos)–Pemudik dari arah Surabaya menuju Semarang dan Tegal yang menggunakan kereta api (KA) Kertajaya tambahan Lebaran jurusan Surabaya-Pasar Senen, tertahan selama 3,5 jam di Stasiun Sulursari, Kecamatan Gabus, Rabu malam (16/9).

Tertahannya para pemudik Lebaran yang memanfaatkan jasa KA ini, akibat bagian penggerak roda lokomotif KA Kertajaya terbakar saat berada di perlintasan Desa Tahunan. Akibatnya lokomotif tak bisa bergerak menarik 12 gerbong.

Dugaan sementara kejadian ini dipicu usia lokomotif yang sudah tua.

Kejadian ini menyebabkan jadwal beberapa kereta api yang melalui jalur tersebut tertunda beberapa jam. Seperti KA Argo Anggrek jurusan Gambir-Surabaya, KA Rajawali jurusan Surabaya-Stasiun Tawang (Semarang), serta KA Kerta Jaya regular jurusan Surabaya-Pasar Senen.

Penumpang sempat khawatir ketika KA harus berjalan mundur kembali ke Stasiun Sulursari yang baru saja dilewati guna perbaikan. Rangkaian gerbong akhirnya bisa melanjutkan perjalanan setelah bantuan Lokomotif dari Depo Semarang tiba di lokasi.

Menurut Petugas Pengatur Perjalanan KA Stasiun Sulursari, Kastubo, 54, dugaan sementara atas kejadian tersebut adalah karena penggerak roda bagian depan di lokomotif terbakar. Mengenai penyebab kebakaran tersebut masih diperiksa tim teknis dari Semarang.

rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Reposisi dan Pencitraan Gunung Kemukus

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (30/6/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Gunung Kemukus sangat terkenal dan melegenda. Tidak hanya di…