Info-mudik
Kamis, 17 September 2009 - 14:49 WIB

Lapan: Kemungkinan besar Lebaran 20 September

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menurut perhitungan astronomi, posisi bulan sudah 4-6 derajat di atas ufuk pada 19 September 2009 malam. Sehingga kemungkinan besar Lebaran jatuh pada 20 September 2009.

Demikian kesimpulan perhitungan astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) seperti dikatakan Kepala Pusat Pemanfaatan Sains dan Atmosfer Iklim Thomas Djamaluddin, Kamis (17/9).

Advertisement

“Kemungkinan ketinggian bulan lebih dari 4 derajat, antara 4-6 derajat di seluruh wilayah Indonesia. Potensi terlihatnya hilal cukup memungkinkan sehingga kemungkinan besar rukyat berhasil tanggal 19 September 2009,” jelas Thomas.

Posisi bulan berdasarkan perhitungan astronomi itu, akan terjadi di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan. Namun demikian, hasil ini harus dibahas dan ditentukan pada sidang isbat, Sabtu 19 September 2009.

“Keputusannya tetap menunggu sidang isbat di mana para pakar astronomi dari Lapan, Bosscha dan ormas Islam berkumpul dan menggabungkan hasil perhitungan dan pengamatan (bulan),” kata dia.

dtc/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Lapan Lebaran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif