Rabu, 16 September 2009 16:49 WIB Info Mudik Share :

PT KA mulai berangkatkan 3 KA tambahan dari Jakarta

Jakarta–Sebanyak tiga kereta api tambahan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Hari ini kami memberangkatkan tiga kereta api tambahan Lebaran,” kata Staf Humas Daop I PT Kereta Api (PTKA), Asmat Saputra, di Stasiun Gambir Jakarta, Rabu (16/9).

Ia mengatakan, tiga kereta api itu adalah Purwojaya Lebaran yang berangkat dari Gambir pukul 06.00 WIB, Matarmaja Lebaran, dan Bengawan Lebaran yang diberangkatkan dari Tanah Abang.

Menurut Asmat, kereta api tambahan lebaran untuk kelas komersial (bisnis dan eksekutif) telah dipasarkan tiketnya sejak kemarin.

“Untuk kelas ekonomi juga sudah dijual pada saat hari keberangkatan, jadi memang tidak untuk dipesan,” katanya.

Pihaknya sudah mempersiapkan sebanyak 11 kereta api tambahan untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kereta-kereta itu akan diberangkatkan sesuai atau tergantung kebutuhan. Oleh karena itulah sampai saat ini pihaknya optimistis semua penumpang yang datang ke stasiun akan seluruhnya terangkut.

Ia mengatakan, sampai dengan H-6 (15 September 2009), penumpang yang diberangkatkan dari sejumlah stasiun di Jakarta sudah mencapai 31.387 orang. Jumlah itu menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 38.932 orang.

Khusus untuk Stasiun Gambir tercatat sampai dengan H-6 (15 September 2009), stasiun itu telah memberangkatkan sekitar 27.056 penumpang dari H-1 (11 September 2009).

“Khusus pada H-6, penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 5.957 orang dan untuk hari ini belum ada laporan,” katanya.

Jumlah itu menurun dibandingkan tahun lalu yang pada H-6 jumlah penumpang mencapai 8.579 orang.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 18 September 2009 di mana akan ada ribuan calon penumpang memadati Stasiun Gambir.

ant/fid

lowongan kerja
lowongan kerja SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Ngutang

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Selasa (18/7/2017). Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia dan Analis Ekonomi BNI Securities Jakarta Barat. Alamat e-mail penulis adalah ronny_sasmita@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Banyak kawan yang bertanya kepada saya, mengapa pemerintah memperlebar…