Rabu, 16 September 2009 15:19 WIB Ekonomi Share :

Pencapaian target penerimaan PBB Solo dinilai mengkhawatirkan

Solo (Espos)–Persentase pencapaian target penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) di wilayah Kota Solo dinilai cukup mengkhawatirkan.
Dari target PBB untuk tahun 2009 yang ditetapkan senilai Rp 39,6 miliar, hingga pekan kedua Bulan September 2009 baru tercapai sebesar 28,37% atau senilai Rp 15 miliar. Sementara pelunasan pembayaran PBB tersebut ditetapkan paling lambat pada tanggal 30 September 2009.

Demikian dikemukakan Penjabat (Pj) Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Dicky Hertanto saat menggelar konferensi pers menjelang acara Pekan Panutan Pembayaran PBB di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Solo, Rabu (16/9).

“Persentase pencapaian ini cukup mengkhawatirkan mengingat batas akhir pembayaran PBB tersebut jatuh pada tanggal 30 September 2009, yang tinggal tersisa sekitar dua pekan ke depan. Sementara pada bulan September itu pula terdapat masa libur cuti bersama dalam rangka menyambut perayaan Lebaran tahun ini,” ujar Dicky kepada wartawan.

Sedangkan untuk pencapaian target pelunasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk wilayah Kota Solo, Dicky menyebutkan persentase penerimaannya telah tercapai sebesar 54,64% atau senilai Rp 19,37 miliar dari target senilai Rp 35 miliar.

Menurut Dicky, pencapaian target penerimaan PBB dan BPHTB untuk wilayah Kota Solo tersebut masih mengkhawatirkan karena berada di bawah pencapaian target PBB dan BPHTB Kanwil DJP Jateng II.
Disebutkan Dicky, target penerimaan PBB Kanwil DJP Jateng II tahun 2009 adalah senilai Rp 551 miliar dan hingga pekan kedua bulan September telah tercapai senilai Rp 285 miliar atau sebesar 51,75%. Sedangkan target penerimaan BPHTB Kanwil DJP Jateng II senilai Rp 102 miliar dan hingga pekan kedua bulan September telah tercapai senilai Rp 73 miliar atau sebesar 71,49%.

Agar pembayaran PBB dapat terealisasi hingga 100%, maka pada Rabu kemarin KPP Pratama Kota Solo bekerja sama dengan Pemkot Solo mengadakan Pekan Panutan Pembayaran PBB di mana pada kesempatan itu Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) memberikan piagam penghargaan kepada para pembayar PBB teladan.

sry

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…