Rabu, 16 September 2009 15:23 WIB Sukoharjo Share :

Diare dan keracunan ditengarai KLB Lebaran

Sukoharjo (Espos)–Sebanyak 10 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Makmur akan disiagakan selama 24 jam penuh selama Lebaran. Bahkan saat cuti bersama berlangsung, Puskesmas tidak boleh ada yang libur.

Saat ini berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Sukoharjo, ada 12 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan. Sebanyak 10 Puskesmas akan disiagakan selama 24 jam selama Lebaran sementara dua Puskesmas lainnya yaitu Puskesmas Sukoharjo dan Puskesmas Bendosari hanya buka pada jam-jam tertentu lantaran lokasinya berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Sekretaris DKK, Agus Prihatmo W menjelaskan, sekarang ini pihaknya sudah membagikan Surat Edaran (SE) bernomor 445/5615/IX/2009. Dalam SE tersebut, diinstruksikan semua Puskemas tidak boleh ada yang tutup selama cuti bersama berlangsung melainkan harus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah SE disebar, masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Sebab, selama cuti bersama yaitu mulai 18 hingga 23 September, semua Puskesmas harus tetap buka. Jadi tidak ada alasan masyarakat kebingungan akan berobat ke mana,” jelasnya ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/9).

Mengantisipasi arus mudik Lebaran, Agus menambahkan, bukan hanya Puskesmas yang disiagakan melainkan juga tenaga kesehatan di sejumlah pos keamanan (Pospam).

Menurut rencana, sebanyak tiga tenaga kesehatan yaitu masing-masing satu dokter, satu perawat dan satu sopir ambulance akan bertugas di masing-masing Pospam selama 24 jam.

aps

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…