Info-mudik
Rabu, 16 September 2009 - 14:56 WIB

Depkes sediakan 700 Pos kesehatan untuk pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Departemen Kesehatan dan otoritas kesehatan di daerah menyediakan 700 pos kesehatan untuk pemudik di sepanjang jalur  menuju Lampung, Pulau Jawa dan Pulau Bali sejak awal arus mudik hingga H-7

Dalam siaran pers Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan Jakarta, Rabu (16/9), Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menyatakan pos kesehatan juga disediakan di terminal, pelabuhan laut dan bandara.

Advertisement

Informasi letak pos-pos kesehatan sudah tercantum dalam peta mudik yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Darat Dephub, katanya.

Pihaknya, lanjut dia, juga telah mengirimkan surat edaran kepada gubernur di delapan provinsi berisi instruksi kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk menyiapkan rumah sakit dan Puskesmas, membentuk pos kesehatan serta melakukan pengawasan sanitasi makanan dan pengamatan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dia menambahkan, pemerintah pun membentuk posko layanan Lebaran yang dapat dihubungi melalui nomor telepon  (021) 4257125 dan nomor faksimili (021) 42877588 jika terjadi bencana selama selama periode mudik Lebaran.

Advertisement

Apabila terjadi bencana selama mudik Lebaran, posko ini akan berkoordinasi dengan Posko bencana Pusat Penanggulangan Krisis Depkes, katanya.

Pihaknya, kata dia, sudah menginstruksikan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) supaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

Koordinasi untuk melakukan pemeriksaan sampel makanan di rumah-rumah makan yang berada di terminal, stasiun kereta api, pelabuhan laut dan bandara serta rumah makan yang menjadi tempat pemberhentian pemudik.

Advertisement

Ia mengatakan, koordinasi perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui makanan.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Depkes Pemudik Sediakan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif