Senin, 14 September 2009 13:29 WIB News Share :

Roda kanan kempes, Aviastar tergelincir di Bandara Serui

Papua–Pesawat Aviastar jenis Twin Otter mengalami insiden saat akan mendarat di Bandara Serui, Papua. Roda kanan pesawat kempes sehingga pesawat tergelincir saat di landasan.

“Waktu akan mendarat normal. Namun di tengah runway saat menyentuh landasan ada masalah, roda kanan kempes, pesawat lari ke kanan dan ditambah dengan kecepatan angin 40 knot yang bertiup dari belakang pesawat. Kemudian pilot coba banting setir ke kiri, akibatnya roda hidung patah,” ujar Safety Manager Aviastar, HS Filman, saat dihubungi detikcom, Senin (14/9).

Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut, hanya kerusakan pada roda hidung pesawat. “Pesawat berhasil mendarat di ujung landasan, tidak keluar jalur. Kita akan melaporkan kerusakan pesawat ke KNKT,” tutur Filman.

Pesawat Aviastar jenis Twin Otter DHC 6 ini berisikan 9 person on board (POB). Yaitu Pilot Kapten Suryan Daru, Co-pilot Sofwan, dan engineer Antonius, serta 6 penumpang sipil. Pesawat berangkat dari Biak menuju ke Serui, Papua, tiba di Serui sekitar pukul 10.40 WIT.

Filman mengatakan akibat insiden tersebut, Bandara Serui sempat ditutup sebentar karena badan pesawat mengganggu landasan yang juga digunakan pesawat lain.

“Saya belum tahu apakah sekarang sudah disingkirkan,” kata dia.
dtc/tya

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Industri Kreatif dan Daya Saing Bangsa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (28/6/2017). Esai ini karya Indra Tranggono, seorang pengamat budaya yang tinggal di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah indra.tranggono23@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Industri kreatif bangsa Indonesia terus bergerak menjadi kekuatan budaya yang mampu…