Senin, 14 September 2009 20:13 WIB News Share :

Pemerintah perkirakan 1 Syawal pada Minggu

Jakarta–Pemerintah memperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah akan jatuh pada Minggu (20/9) sama dengan perkiraan masyarakat Muhammadiyah.

Menteri Agama Dr KH Muhammad Maftuh Basyuni, di Jakarta, Senin, mengatakan, untuk memastikan 1 Syawal bertepatan dengan hari Minggu (20/9), akan dilakukan sidang isbath yang dihadiri para ahli hisab dan ru’yat di Departemen Agama Jakarta, pada Sabtu (19/9) petang.

“Sidang Isbath diselenggarakan setelah para petugas yang ditentukan untuk melihat hilal di seluruh wilayah Indonesia melaporkan hasilnya,” kata Maftuh Basyuni ketika menghadiri pengesahan rancangan undang-undang (RUU) tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji di gedung DPR.

Dikatakannya, setelah menerima laporan dari petugas yang melihat hilal dari seluruh wilayah Indonesia kemudian dilakukan sidang Isbath dan diputuskan, apakah pada Minggu (20/9) bertepatan dengan 1 Syawal 1430 Hijriyah.

Maftuh memperkirakan, pada Minggu mendatang bulan sudah berada di atas ufuk  jadi sudah bisa dilihat oleh petugas yang telah ditunjuk oleh Departemen Agama, kecuali jika mendung dan hujan sehingga hilal tidak terlihat.

Perkiraan tersebut didasarkan pada 29 Ramadhan atau Sabtu (19/9) bulan sudah berada di atas ufuk dengan ketinggian 3-5 derajat sehingga sudah bisa dilihat.

“Kalau hilal sudah terlihat pada tanggal 19 September petang, maka akan diumumkan 1 Syawal 1430 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 20 September,” katanya.

Maftuh berharap, pada Sabtu (19/9) udara cerah sehingga para petugas bisa melihat hilal secara jelas. Menurut dia, untuk melihat hilal selain petugasnya yang memiliki pengetahuan juga didukung dengan peralatan canggih.

Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah bertepatan pada Minggu (20/9) berdasarkan hasil hisab. Hasil hisab tersebut sudah dicantumkan dalam maklumat PP Muhammadiyah berdasarkan penetapan sidang hisab majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Majelis memedomani hisab hakiki wujudul hilal yakni 1 Syawal 1430 Hijriyah bertepatan pada Minggu 20 September 2009.
Ant/tya

LOWONGAN KERJA
DR. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Lebaran dan Wartawan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (23/6/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Ilmu Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Lebaran tinggal menghitung jam. Semua sibuk menyambut. Tak terkecuali barisan juru…