Soloraya
Senin, 14 September 2009 - 20:26 WIB

Belum diresmikan, penyewa kereta wisata sudah antre

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Kereta wisata berlokomotif uap kuno dan gerbong antik dari kayu jati yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebagai salah satu ikon wisata Kota Solo benar-benar memancing animo yang cukup besar dari kalangan masyarakat.

Setelah menyihir ribuan pasang mata saat uji di rel sepanjang Jl Slamet Riyadi mulai dari Stasiun Purwosari hingga Sangkrah, Minggu (13/9) sore, kini terbesit kabar sejumlah calon penyewa telah antre untuk bisa berwisata dengan kereta berbiaya operasional Rp 3,2 juta sekali jalan itu.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Espos, Senin (14/9), ada satu sekelompok alumni sebuah SMA di Solo yang akan mengadakan reuni, dua atau tiga hotel, dan sebuah perusahaan operator telekomunikasi yang antre agar bisa menyewa kereta wisata itu. Padahal, biaya sewa per paket perjalanannya pun belum ditentukan. Selain itu, mereka harus tetap bersabar karena kereta itu baru akan dioperasikan setelah diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Jusman Sjafi’i Djamal, Kamis (17/9).

“Dalam peresmian itu kami berencana mengundang berbagai kalangan masyarakat, termasuk kalangan perhotelan di Yogyakarta, kalau memungkinkan. Setelah diresmikan, baru kereta bisa dioperasikan untuk masyarakat. Masih kami susun konsepnya apakah akan langsung menjual paket buka puasa atau digratiskan dulu kepada masyarakat,” ungkap Konsultan Bisnis pengoperasian kereta wisata uap kuno, Oka Zakaria, saat dihubungi Espos, Senin (14/9).

Sementara menunggu ada pengelola resmi, Oka mengatakan, masyarakat yang berminat memang sudah bisa mendaftar sebagai calon penyewa. Pendaftaran itu dibuka melalui situs www.solosteamloco.com. Melalui situs itulah, Oka mengatakan, pihaknya akan menampung pendaftaran masyarakat sebagai calon penyewa kereta wisata.

Advertisement

Soal harga, Oka mengatakan, sampai saat ini belum bisa diumumkan. Namun, jika melihat biaya operasional yang ditetapkan oleh PT Kereta Api, maka harga sewa sekali perjalanan kereta wisata itu di atas Rp 3,2 juta per paket.

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kereta Api Wisata
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif