Senin, 14 September 2009 20:08 WIB Info Mudik,Solo Share :

24 Unit bus ekstra Lebaran tiba di Solo

Solo (Espos)–Sebanyak 24 unit bus ekstra Lebaran yang membawa penumpang arus mudik pada H-7, Senin (14/9) dini hari tiba di Terminal Tirtonadi, Solo. Sementara sebanyak 51 unit bus lainnya yang mengangkut penumpang dari PT Jasa Raharja diperkirakan tiba Selasa (15/9) besok.

Dari 24 unit bus ekstra Lebaran yang masuk Senin, ada yang berhenti di Solo, dan ada pula yang lintas ke Wonogiri dan sekitarnya. Hampir semua bus itu penumpangnya penuh (full seat). Dengan asumsi satu bus bisa memuat 50 penumpang, maka ada 1.200 penumpang bus ekstra Lebaran yang masuk ke Terminal Tirtonadi. Jumlah itu belum termasuk penumpang yang datang dengan bus reguler.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi, Sardjono, ditemui wartawan di Balaikota, Senin, mengungkapkan dalam sehari bus antarkota antarprovinsi (AKAP) reguler berbagai jurusan yang masuk ke Terminal Tirtonadi sebanyak 1.400 unit.

“Kebanyakan bus-bus angkutan Lebaran itu begitu sampai di terminal dan menurunkan penumpang biasanya langsung kembali ke Jakarta atau daerah lain dalam keadaan kosong,” ujar Sardjono.

Sardjono memperkirakan ledakan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi terjadi mulai H-4, Kamis (17/9). Namun demikian, ada pula bus-bus dari instansi tertentu yang datang sebelum itu. Dia menjelaskan, pihaknya mendapat informasi PT Jasa Raharja telah memberangkatkan 150 bus untuk mengangkut penumpang dari Jakarta dan daerah lain. Dari 150 unit bus itu 51 unit bus menuju ke Solo. Mereka diperkirakan sampai di Terminal Tirtonadi, Selasa (15/9) besok.

Sementara itu, masih berkaitan dengan arus mudik Lebaran, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyiagakan Posko kesehatan di delapan titik, meliputi Terminal Tirtonadi, Subterminal Kadipiro, Stasiun KA Solobalapan, Bundaran Gladak, Tugu Adipura Jl Adisucipto, Ring Road Utara, Jurug, dan Singosaren Plaza. Di setiap Posko, dilengkapi dengan ambulans, paramedis, pembantu paramedis dan obat-obatan.

shs

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…