Minggu, 13 September 2009 21:08 WIB News Share :

Komposisi kabinet SBY diprediksi tidak banyak berubah

Jakarta–Hingga kini capres terpilih Susilo Bambang Yudhoyono masih enggan berkomentar banyak soal komposisi kabinet di masa kepemimpinan 2009-2014. Diperkirakan, kecil kemungkinan akan terjadi penyederhanaan kabinet atau penghapusan kementerian pada kabinet mendatang.

“Komposisinya masih tetap akan seperti sekarang, tidak akan jauh berbeda,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari dalam Diskusi Publik ‘Menyusun Kabinet Ideal’ di Graha Lira, Jakarta, Minggu (13/9).

Qodari mengatakan, reformasi birokrasi yang dijalankan SBY bukan dalam bentuk penghapusan kementerian atau departemen. Sehingga, pos anggaran untuk kementerian atau departemen tetap akan ada dalam APBN ke depan.

“Pertimbangan paling kuat bagi SBY untuk menyusun kabinet adalah parpol dan demografis. Hampir pasti semua parpol akan diakomodasi, termasuk PDIP dan Partai Golkar,” ujar Qodari.

Menurut Qodari, dua parpol besar itu tetap akan diakomodir jika melihat perkembangan perpolitikan saat ini. Lagi pula, dua parpol itu sudah menunjukkan minat untuk bergabung dalam pemerintahan.

“Selain itu, SBY juga tetap akan mempertimbangkan demografis, dia akan mengakomodir orang-orang dari berbagai daerah secara merata,” imbuhnya.

Mengenai pengurangan departemen atau posisi menteri, Qodari mengatakan, hal itu harus dilakukan dengan pengurangan jumlah PNS terlebih dahulu.

“Menghapus departemen itu bukan perkara mudah, terbukti ketika zaman Gus Dur kemarin,” katanya. Ketika itu, penghapusan Departemen Sosial menimbulkan masalah pemindahan PNS ke departemen atau instansi lain

dtc/tya

lowongan kerja
lowongan kerja PT. BPR SURYAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…