News
Minggu, 13 September 2009 - 21:08 WIB

Komposisi kabinet SBY diprediksi tidak banyak berubah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Hingga kini capres terpilih Susilo Bambang Yudhoyono masih enggan berkomentar banyak soal komposisi kabinet di masa kepemimpinan 2009-2014. Diperkirakan, kecil kemungkinan akan terjadi penyederhanaan kabinet atau penghapusan kementerian pada kabinet mendatang.

“Komposisinya masih tetap akan seperti sekarang, tidak akan jauh berbeda,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari dalam Diskusi Publik ‘Menyusun Kabinet Ideal’ di Graha Lira, Jakarta, Minggu (13/9).

Advertisement

Qodari mengatakan, reformasi birokrasi yang dijalankan SBY bukan dalam bentuk penghapusan kementerian atau departemen. Sehingga, pos anggaran untuk kementerian atau departemen tetap akan ada dalam APBN ke depan.

“Pertimbangan paling kuat bagi SBY untuk menyusun kabinet adalah parpol dan demografis. Hampir pasti semua parpol akan diakomodasi, termasuk PDIP dan Partai Golkar,” ujar Qodari.

Menurut Qodari, dua parpol besar itu tetap akan diakomodir jika melihat perkembangan perpolitikan saat ini. Lagi pula, dua parpol itu sudah menunjukkan minat untuk bergabung dalam pemerintahan.

Advertisement

“Selain itu, SBY juga tetap akan mempertimbangkan demografis, dia akan mengakomodir orang-orang dari berbagai daerah secara merata,” imbuhnya.

Mengenai pengurangan departemen atau posisi menteri, Qodari mengatakan, hal itu harus dilakukan dengan pengurangan jumlah PNS terlebih dahulu.

“Menghapus departemen itu bukan perkara mudah, terbukti ketika zaman Gus Dur kemarin,” katanya. Ketika itu, penghapusan Departemen Sosial menimbulkan masalah pemindahan PNS ke departemen atau instansi lain

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Kabinet SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif