Info-mudik
Minggu, 13 September 2009 - 18:45 WIB

Jumlah penumpang bus dan KA mulai meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Memasuki H-9, Sabtu (12/9) dan H-8 Minggu (13/9) menjelang Lebaran, jumlah penumpang bus dan kereta api (KA) yang datang di Terminal Tirtonado dan Stasiun Solobalapan mulai menunjukkan peningkatan. Sementara itu bus-bus pemudik dari Jakarta di perkirakan mulai berdatangan Senin (14/9) dini hari.

Pantauan Espos, Minggu siang, arus bus masuk ke dalam Terminal Tirtonadi masih normal. Tidak ada antrean kendaraan yang hendak masuk. Demikian pula di Stasiun Solobalapan, kedatangan KA masih sesuai jadwal.
Namun, dari keterangan yang disampaikan Komandan Regu Pengaturan dan Pengawasan Lalu Lintas Terminal Tirtonadi, Sukanta, dibandingkan hari-hari biasa, jumlah penumpang yang turun di Terminal Tirtonadi, sejak Sabtu, mengalami peningkatan.

Advertisement

Kalau pada kondisi normal jumlah penumpang yang datang berkisar antara 10.000-11.000 orang per hari, selama Sabtu jumlah penumpang yang datang mencapai 14.639 orang.  “Kalau hari ini juga ada peningkatan terutama untuk penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKPD). Selain itu, bus-bus yang membawa penumpang dari Sumatera juga sudah mulai berdatangan. Biasanya hanya empat bus sehari, hari ini tujuh bus,” ujar Sukanta, saat ditemui wartawan di Terminal Tirtonadi, Minggu.

Di Stasiun Solobalapan, peningkatan jumlah penumpang juga sudah mulai terjadi. Pada H-9, Sabtu, jumlah penumpang yang datang sebanyak 2.228 orang. Naik dibandingkan sehari sebelumnya yang hanya 1.559 orang. Demikian pula dengan penumpang yang berangkat. Pada H-9, jumlahnya mencapai 1.882 orang, naik dibandingkan sehari sebelumnya yang hanya 1.386 orang.

Kepala Stasiun Solobalapan, Djuhandri, ditemui di Posko Lebaran stasiun setempat mengungkapkan, secara akumulasi, jumlah penumpang arus mudik dari Stasiun Solobalapan, hanya meningkat 5% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya. Tahun lalu jumlah total penumpang arus mudik di stasiun ini sebanyak 59.497 orang. Dengan demikian, Lebaran tahun ini diperkirakan ada 62.472 penumpang atau rata-rata 2.840 penumpang.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kereta Mudik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif