News
Jumat, 11 September 2009 - 17:36 WIB

Kompak gelar demo korupsi Bupati Pati

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Ratusan orang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Pati Anti Korupsi (Kompak) menggelar demonstrasi mendesak Kapolda Jateng mengusut tuntas dugaan korupsi Bupati Pati, Tasiman senilai Rp 1,9 miliar.

Demonstrasi yang dilakukan di depan Kantor Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jateng, Jl Pahlawan, kota Semarang, Jumat (11/9) sempat diwarnai kericuhan.

Advertisement

Kericuhan terjadi saat pengunjuk rasa Kompak hendak masuk ke dalam Gedung Mapolda Jateng namun diadang petugas dari Polda dan Polres Semarang Selatan yang membuat pagar betis di depan gerbang pintu masuk.

Sempat terjadi aksi dorong antar petugas dengan pengunjuk rasa. Petugas berupaya membubarkan pengunjuk rasa yang dinilai tak memiliki izin tersebut.

Kericuhan tak sampai berlanjut ke bentrokan fisik, setelah Kapolwiltabes Semarang Kombes Pol Erward Syah Pernong turun langsung meminta masa pengunjuk rasa tak berbuat anarkis.

Advertisement

Pengunjuk rasa datang ke Mapolda dengan mengendarai sebanyak 12 unit bus yang diparkirkan berjajar di depan Kantor Gubernur Jateng yang berjarak sekitar 200 meter.

Koordinator Kompak, Sukaryo mendesak kepada Kapolda Jateng untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi Bupati Pati, Tasiman yang sampai sekarang belum ada kejelasan.

Padahal kasus tersebut telah dilaporkan kepada Polda Jateng sejak tahun 2004 silam, namun tak ada perkembangan penyidikan.

Advertisement

“Kami minta Kapolda segera menuntaskan kasus dugaan korupsi Bupati Pati yang sampai sekarang masih terkatung-katung,” katanya.

Menurut ia, Bupati Tasiman dilaporkan ke Polda Jateng dalam kasus dugaan korupsi dobel anggaran untuk laporan pertanggungjawabab bupati 2002 menggunakan APBD Pati senilai Rp 250 juta.

Tasiman juga diduga telah melakukan korupsi APBD 2003 untuk bantuan pihak ketiga senilai Rp 750 juta dan APBD perubahan 2003 senilai Rp 900 juta.

oto

Advertisement
Kata Kunci : Bupati Pati Demo Kompak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif