Soloraya
Jumat, 11 September 2009 - 18:33 WIB

Kirab budaya bakal iringi boyongan pedagang Pasar Windujenar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebuah kirab budaya yang diikuti perwakilan pedagang dari 41 pasar tradisional di Solo bakal mengiringi kepindahan pedagang Pasar Windujenar dari lokasi pasar darurat di Sriwedari kembali ke bangunan baru di kawasan Ngarsapura, Jumat (25/9).

Selain barang-barang antik khas Pasar Windujenar, akan ditampilkan pula tumpeng dan aneka jajanan tradisional khas dari para pedagang 41 pasar tradisional. Diperkirakan ada lebih 100 macam jajanan pasar yang akan diusung dalam kirab budaya tersebut.

Advertisement

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo, ditemui seusai menghadap Walikota bersama sejumlah pedagang Pasar Windujenar di Balaikota, Jumat (11/9) mengungkapkan, peserta kirab diperkirakan mencapai 350-an orang yang meliputi 150 pedagang Windujenar yang akan membawa barang-barang antik, serta masing-masing lima pedagang dari 41 pasar tradisional di Solo, yang akan membawa tumpeng dan jajanan pasar.

“Rencananya kirab dimulai dari Sriwedari sekitar pukul 16.00 WIB, sehingga diharapkan sampai di Ngarsapura sudah agak gelap. Saat itulah, kedatangan mereka disambut dengan penyalaan lampu-lampu di kawasan Ngarsapura,” ujar Subagiyo.

Di samping pedagang, Subagiyo mengatakan, akan ikut pula dalam kirab itu sejumlah pasukan prajurit seperti Kutho Renggo, Rekso Projo, Jogo Tirto, serta gamelan corobalen. Formasinya terdiri atas pasukan berkuda, jalan kaki dan kereta.
shs

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Budaya Kirab
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif