Jumat, 11 September 2009 18:27 WIB Solo Share :

KA feeder Solo-Wonogiri bakal diganti railbus

Solo (Espos)–Departemen Perhubungan (Dephub) berencana mengoperasikan railbus untuk menggantikan kereta api (KA) feeder jurusan Solo-Wonogiri.
Angkutan massal serupa bus yang berjalan di atas rel tersebut siap dioperasikan mulai tahun depan.

Konsultan sekaligus pakar bidang transportasi dari UNIKA Sugiyopranoto, Semarang, Joko Setyowarno, ditemui di sela-sela menyambut kedatangan kereta wisata di Terminal Peti Kemas Stasiun Jebres, Solo, Kamis (10/9) mengungkapkan, pemerintah telah menginvestasikan dana senilai Rp 17 miliar untuk pembuatan railbus tersebut.

Saat ini, railbus tersebut tengah disiapkan di PT INKA Madiun dan diperkirakan akan siap pada 2010 mendatang.

“Railbus ini menggunakan tenaga diesel, bentuknya hampir sama dengan KRDI (kereta rel diesel Indonesia) Banyubiru dan Kaligung. Bedanya, pada moncongnya. Railbus hampir mirip KA di Jepang. Kereta ini 80 persen buatan INKA. Sebenarnya bisa selesai dalam delapan bulan, tapi anggarannya dijadikan dua tahun anggaran,” kata Joko.

Kalau benar-benar terealisasi, Joko menambahkan, Solo akan menjadi kota kedua yang memiliki railbus. Sebelumnya, Palembang sudah terlebih dahulu memiliki railbus untuk melayani para mahasiswa Universitas Sriwijaya.

shs

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…