News
Jumat, 11 September 2009 - 12:23 WIB

Deplu: Kasus Balibo Five sudah ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Departemen Luar Negeri telah meminta pejabat tinggi Deplu bertemu dengan Menlu Australia untuk meminta klarifikasi isu kasus ‘Balibo Five’ yang tengah diangkat Kepolisian Federal Australia (AFP). Bagi RI, kasus Balibo Five sudah selesai.

“Bagi kita Balibo Five sudah kita anggap selesai. Posisi kami sudah jelas. Kami sudah meminta pejabat tinggi kami bertemu dengan Menlu Australia untuk mencari klarifikasi dan menyatakan posisi kita,” kata Juru Bicara Deplu Tengku Faizasyah di Gedung Deplu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (11/9).

Advertisement

Menurut dia, Deplu akan mengikuti secara dekat pertemuan ini.

“Bagaimana isu ini berdampak pada hubungan bilateral. Jawabannya adalah kedua negara sangat menghargai hubungan bilateral. Hubungan bilateral kami sangat stabil dan positif,” ujarnya.

Faiz mengatakan, kasus Balibo itu masalah internal di Australia.

Advertisement

“Bisa saja dipicu oleh rilis film itu. Rilis film tekanan dari keluarga. Semua bisa menjadi faktor kenapa kasus ini bisa diselidiki ulang. Tetapi, benar-benar kami tidak bisa komentar mengenai kasusnya,” papar dia.

Ketika ditanya apakah Indonesia akan membantu investigasi kasus Balibo, Faiz menjawab, kasus tersebut sudah ditutup dan selesai.

“Gimana kita bisa membantu kalau kita tidak memikirkan untuk membuka kasus ini. Tidak ada intensi dari pemerintah untuk membuka kembali kasus ini,” kata dia.

Advertisement

Sebelumnya diberitakan Kepolisian Federal Australia (AFP) akan memulai penyelidikan atas kemungkinan telah terjadi kejahatan perang terhadap kematian 5 jurnalis di Timor Leste tahun 1975 silam. 5 Jurnalis itu terkenal dengan sebutan ‘Balibo Five’, yaitu jurnalis Greg Shackleton dan Tony Stewart (Australia), Brian Peters dan Malcolm Rennie (Inggris), serta Gary Cunningham (Selandia Baru). Mereka tewas saat meliput masuknya militer Indonesia ke Timor Timur.

dtc/fid

Advertisement
Kata Kunci : Balibo Five Deplu Ditutup
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif