Kamis, 10 September 2009 21:04 WIB Info Mudik,Solo Share :

Mudik, Dispertan buka penitipan hewan

Solo  (Espos)–Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Solo ikut sibuk menyambut masa mudik. Melalui Klinik Hewan yang telah di-soft launching awal tahun ini, Dispertan membuka jasa penitipan hewan bagi warga Solo yang hendak meninggalkan hewan kesayangan untuk mudik.

Kepala Dispertan Solo, Weni Ekayanti mengatakan pihaknya menyediakan fasilitas inap untuk tiga jenis hewan, yakni anjing, kucing dan burung. Setidaknya, klinik yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat kesehatan Hewan (Puskeswan) tersebut mampu menampung 10 hewan kesayangan jenis kucing atau anjing dan selebihnya beberapa ekor burung. Jumlah tersebut masih memungkinkan bertambah, karena UPTD memiliki kandang cadangan yang belum dipersiapkan di klinik.

“Pemerintah juga punya pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya melayani jasa penitipan hewan selama Lebaran. Sebenarnya Klinik Hewan sudah mulai menerima pasien sejak awal tahun, namun kami memang baru soft launcing. Meski demikian, fasilitas kesehatan hewan yang disediakan memadai, ada pemeriksaan USG, salon hewan, pemeriksaan laboratorium, serta pembedahan,” papar Weni, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/9).

Dia menambahkan, sebagai UPTD milik pemerintah, pihaknya mematok harga yang relatif murah untuk jasa penitipan hewan. Biaya, jelas dia, berkisar antara Rp 7.500-Rp 20.000 per hari. besar biaya sangat tergantung dengan kondisi hewan kesayangan yang dititipkan tersebut.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskeswan, Wisnu Dwi Endro Utomo, mengakui selama ini Klinik Hewan yang berada di Jl Slamet Riyadi belum banyak dikenal masyarakat. Jumlah pasien, kata dia, belum terlalu banyak, meski klinik itu telah beroperasi sejak awal tahun. “Tapi beberapa bulan terakhir sudah lumayan. Setiap Jumat pasien bisa sampai 10 hewan. Tapi di luar itu memang hanya satu atau dua hewan,” jelas Wisnu.

Wisnu melanjutkan, untuk melayani warga yang hendak menitipkan hewan. Setiap hari, di klinik tersebut bertugas seorang dokter hewan dan dua orang paramedis. Jasa penitipan sendiri, dibuka setiap hari. Namun, khusus hewan yang dititipkan karena ditinggal pemiliknya mudik, diperkirakan baru tampak pada H-7 Lebaran.
tsa

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…