Sport
Kamis, 10 September 2009 - 11:18 WIB

Libas Kroasia, Inggris lolos kualifikasi Piala Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London–Inggris yang bermain cantik melibas Kroasia 5-1 di stadion Wembley, Rabu (Kamis WIB), dan berhasil lolos kualifikasi menuju putaran final Piala Dunia tahun depan di Afrika Selatan setelah mereka menang delapan kali dalam delapan pertandingan di Grup Enam babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa.

Sebanyak dua gol masing-masing dilesakkan oleh Frank Lampard dan Steven Gerrard dan satu dari Wayne Rooney seakan bisa membalaskan dendam mereka karena kalah 2-3 oleh Kroasia di malam dengan guyuran hujan di Wembley 22 bulan lalu, suatu hasil yang membuat mereka tersingkir dari ajang Euro 2008.

Advertisement

Inggris saat ini sudah lolos kualifikasi dengan mengantungi 24 poin dari delapan pertandingan mereka, dan Kroasia menempati tempat kedua dengan 17 poin dan masih memiliki sisa satu pertandingan lagi.

Kroasia berada di atas Ukraina yang memiliki 15 poin, dengan sisa dua pertandingan lagi setelah mereka ditahan tanpa gol oleh Belarus, Rabu.

Sementara juara grup langsung lolos kualifikasi ke putaran final Piala Dunia, delapan tim runner-up terbaik dari sembilan grup zona Eropa ini harus melewati babak play-off yang berlangsung dua leg untuk memperebutkan sisa empat tempat ke putaran final itu.

Advertisement

Tim Inggris asuhan Fabio Capello tersebut mendominasi pertandingan sejak awal dan tidak pernah dapat terlampaui.

Lampard mencetak gol lewat tendangan penalti di menit ketujuh dan tandukannya yang akurat ke gawang lawan di menit ke-59 sementara Gerrard mencetak gol lewat dua kali tandukannya yang tepat di menit ke-18 dan 66.

Rooney menambahkan gol kelima tim Inggris itu, yang merupakan gol ke-25 nya bagi timnas, pada sisa waktu 13 menit untuk memastikan Inggris masuk putaran final Piala Dunia dengan masih tersisa dua pertandingan lagi dan membuat sebagian besar penonton yang berjumlah 87.000 orang di stadion itu pecah dalam kegembiraan mereka.

Advertisement

Kroasia, tanpa diperkuat oleh kiper utama mereka yang tengah cedera, Stipe Pletikosa, dan playmaker Luka Modric, ditambah dengan absennya bek Vedran Corluka yang tengah menjalani skorsing, seakan tidak mampu membuktikan kekuatan tim mereka saat menang di Wembley tahun 2007 dan apa yang mereka dapatkan sebagai hiburan hanya satu gol dari Eduardo da Silva di menit ke-71.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif