Rabu, 9 September 2009 17:22 WIB Sport Share :

Sea Games 2011 Indonesia harus capai tiga sukses

Samarinda–Saat ini Indonesia tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Sea Games XXVI yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 2011. Diharapkan pesta olahraga tersebut berhasil mencapai tiga sukses.

“Tiga sukses itu harus bisa dicapai oleh Penyelenggara Sea Games 2011,” kata Menteri Negara Pemuda dan Olaharaga (Menegpora), Adhyaksa Dault dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur Kaltim, Farid Wadjdi di peringatan HAORNAS di Kantor Gubernur, Rabu.

Tiga sukses yang diminta Menegpora adalah, sukses  penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses peningkatan ekonomi masyarakat. Jika ketiga sukses itu benar-benar bisa terwujud, maka hal itu sangat menggembirakan, karena banyak sisi yang terlayani.

Untuk sukses penyelenggaraan, maka berbagai pihak yang akan terlibat harus sudah mempersiapkan sejak kini untuk bisa menyukseskan perhelatan mendatang, pasalnya pesta olahraga ini akan berdampak pada nama baik bangsa.

Sukses prestasi, lanjutnya, diharapkan pada pesta olahraga se Asia Tenggara nanti, Indonesia menjadi juara umum. Untuk itu sejak kini pihaknya tengah meningkatkan prestasi dengan upaya melakukan pembinaan regenerasi atlet elit melalui Program Atlet Andalan (PAL).

Kemudian, untuk sukses peningkatan perekonomian masyarakat, maka para pelaku usaha harus dilibatkan dan berperan dalam kegiatan jual-beli ketika pesta akbar se Asia Tenggara nanti berlangsung, sehingga terjadi transaksi ekonomi yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Transaksi ekonomi tersebut diharapkan bukan hanya terjadi dalam jangka pendek berupa jual beli saat itu saja, namun transaksi jangka panjang melalui transaksi dagang antar negara juga diharapkan bisa terjadi. 

Saat ini, katanya, pemerintah tengah mempersiapkan Rancangan Program Jangka Menengah Nasional kedua 2009-2014 bidang keolahragaan yang difokuskan pada upaya membudayakan olahraga di masyarakat, termasuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia saat menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

Selanjutnya, guna memberikan apresiasi dan motivasi peningkatan prestasi olahraga, pemerintah telah memberikan penghargaan kepada para olahragawan dan pelatih olahrga berprestasi, baik yang masih aktif maupun yang tidak aktif, antara lain dalam bentuk rumah, beasiswa, santunan hari tua dan pengangkatan menjadi PNS.

“Sedangkan bagi para tokoh masyarakat dan pengusaha yang berpartisipasi aktif dalam gerakan kemajuan dunia olahraga Indonesia, diberikan penghargaan dalam bentuk piagam dan tanda jasa kehormatan,” katanya.
Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja Sumber baru rejeki, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Menjaga Kemerdekaan Pers Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (10/7/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO–Pekan lalu, di sela-sela menghadiri seminar internasional mengenai Media Self Regulating, beberapa…