News
Rabu, 9 September 2009 - 20:11 WIB

Presiden Chavez sebut Israel lakukan genosida warga Palestina

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Paris–Presiden Venezuela Hugo Chavez menuduh Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina dalam satu wawancara dengan sebuah surat kabar Prancis menyatakan pemboman atas Gaza  tahun lalu adalah satu serangan yang tidak beralasan.

“Masalahnya ialah ataukah Israel ingin memusnahkan rakyat Palestina atau tidak. Mereka melakukannya secara terbuka,” kata Chavez dalam wawancara dengan surat kabar Prancis Le Figaro yang disiarkan, Rabu.

Advertisement

Presiden Venezuela itu, yang baru saja menyelesaikan kunjungan ke negara-negara  Timur Tengah dan Arab, meremehkan penilaian Israel bahwa serangannya  terhadap Gaza adalah untuk menanggapi serangan roket dari kelompok Hamas yang menguasai wilayah pantai itu.

“Apakah itu bukan genosida? Israel berusaha mencari alasan untuk memusnahkan rakyat Palestina,” kata Chavez, dan menambahkan bahwa sanksi-sanksi harus dikenakan terhadap Israel.

Israel melancarkan serangan terhadap Jalur Gaza 27 Desember 2008 dengan tujuan untuk menghentikan serangan roket dari wilayah itu ke Israel selatan. Serangan darat, laut dan udara  itu berlangsung selama 22 hari  dan menewaskan sekitar 1.300 warga Palestina, menurut sumber-sumber medis.

Advertisement

Chavez mengatakan ia mengakui hak Israel untuk hidup, seperti  juga dengan semua negara, tetapi menambahkan bahwa negara Yahudi itu harus menghormati hak rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri.

Presiden Venezuela itu mengatakan ia menginginkan penjelasan penjelasan lagi dari Amerika Serikat mengenai kebijakan luar negerinya  dan menambahkan ia kecewa dengan hubungan-hubungan AS di Amerika Selatan belum lama ini termasuk mengenai instalasi pangkalan militer di Kolombia.

“Sangat disayangkan, kedatangan Obama membawa begitu banyak harapan, tetapi sedikit perubahan,” katanya.

Advertisement

Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Chavez Palestina
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif