Rabu, 9 September 2009 20:11 WIB Internasional Share :

Presiden Chavez sebut Israel lakukan genosida warga Palestina

Paris–Presiden Venezuela Hugo Chavez menuduh Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina dalam satu wawancara dengan sebuah surat kabar Prancis menyatakan pemboman atas Gaza  tahun lalu adalah satu serangan yang tidak beralasan.

“Masalahnya ialah ataukah Israel ingin memusnahkan rakyat Palestina atau tidak. Mereka melakukannya secara terbuka,” kata Chavez dalam wawancara dengan surat kabar Prancis Le Figaro yang disiarkan, Rabu.

Presiden Venezuela itu, yang baru saja menyelesaikan kunjungan ke negara-negara  Timur Tengah dan Arab, meremehkan penilaian Israel bahwa serangannya  terhadap Gaza adalah untuk menanggapi serangan roket dari kelompok Hamas yang menguasai wilayah pantai itu.

“Apakah itu bukan genosida? Israel berusaha mencari alasan untuk memusnahkan rakyat Palestina,” kata Chavez, dan menambahkan bahwa sanksi-sanksi harus dikenakan terhadap Israel.

Israel melancarkan serangan terhadap Jalur Gaza 27 Desember 2008 dengan tujuan untuk menghentikan serangan roket dari wilayah itu ke Israel selatan. Serangan darat, laut dan udara  itu berlangsung selama 22 hari  dan menewaskan sekitar 1.300 warga Palestina, menurut sumber-sumber medis.

Chavez mengatakan ia mengakui hak Israel untuk hidup, seperti  juga dengan semua negara, tetapi menambahkan bahwa negara Yahudi itu harus menghormati hak rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri.

Presiden Venezuela itu mengatakan ia menginginkan penjelasan penjelasan lagi dari Amerika Serikat mengenai kebijakan luar negerinya  dan menambahkan ia kecewa dengan hubungan-hubungan AS di Amerika Selatan belum lama ini termasuk mengenai instalasi pangkalan militer di Kolombia.

“Sangat disayangkan, kedatangan Obama membawa begitu banyak harapan, tetapi sedikit perubahan,” katanya.

Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja PT. WATUKALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Globalisasi dan Toleransi

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (10/7/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pidato Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama, di Kongres Diaspora Indonesia menegaskan dua hal penting:…