Rabu, 9 September 2009 12:11 WIB News Share :

PBB sebar poster antisipasi gempa

Jakarta–Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Indonesia terus diguncang gempa. Mulai Gempa 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya, gempa 6,8 SR di Yogyakarta, hingga gempa 6 SR di Toli-toli.

Untuk mengantisipasi gempa-gempa selanjutnya, PBB melalui perwakilannya di Indonesia menyebarkan peringatan antisipasi gempa melalui poster yang disebarkan via milis, Rabu (9/9).

Berbagai anjuran dimuat dalam poster itu. Misalkan jika sedang berada di dalam kantor, kita diminta untuk waspada dengan bersembunyi di bawah meja. Tujuannya agar kepala, mata serta leher terhindar dari benda-benda tumpul yang jatuh akibat gempa. Jika kita berada di lobi gedung atau hotel, kita diharapkan untuk menjauhi benda-benda yang mudah pecah seperti kaca.

Sementara jika kita sedang berada di lift, segeralah keluar ke lantai terdekat dan secepatnya mengamankan kepala, leher dan mata dari timpaan benda-benda tumpul yang jatuh.

Demikian pula jika kita sedang berada di dalam rumah. Segeralah keluar atau jika tidak memungkinkan sembunyilah di bawah meja. Dan jika kita berada di luar rumah, kita harus benar-benar berada dalam posisi yang aman dari reruntuhan gedung dan tumbangnya pohon.

Jika berada di dalam ruangan atau lift, upayakan jangan segera beranjak keluar. Pastikan dulu getaran gempa berhenti. Dan jika memang dipastikan kondisinya aman, segeralah keluar.

Dan jika kita sedang berada di dalam kendaraan, maka segeralah berhenti di tempat yang aman. Hindari jembatan atau pun jembatan layang.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…