News
Rabu, 9 September 2009 - 12:11 WIB

PBB sebar poster antisipasi gempa

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Indonesia terus diguncang gempa. Mulai Gempa 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya, gempa 6,8 SR di Yogyakarta, hingga gempa 6 SR di Toli-toli.

Untuk mengantisipasi gempa-gempa selanjutnya, PBB melalui perwakilannya di Indonesia menyebarkan peringatan antisipasi gempa melalui poster yang disebarkan via milis, Rabu (9/9).

Advertisement

Berbagai anjuran dimuat dalam poster itu. Misalkan jika sedang berada di dalam kantor, kita diminta untuk waspada dengan bersembunyi di bawah meja. Tujuannya agar kepala, mata serta leher terhindar dari benda-benda tumpul yang jatuh akibat gempa. Jika kita berada di lobi gedung atau hotel, kita diharapkan untuk menjauhi benda-benda yang mudah pecah seperti kaca.

Sementara jika kita sedang berada di lift, segeralah keluar ke lantai terdekat dan secepatnya mengamankan kepala, leher dan mata dari timpaan benda-benda tumpul yang jatuh.

Demikian pula jika kita sedang berada di dalam rumah. Segeralah keluar atau jika tidak memungkinkan sembunyilah di bawah meja. Dan jika kita berada di luar rumah, kita harus benar-benar berada dalam posisi yang aman dari reruntuhan gedung dan tumbangnya pohon.

Advertisement

Jika berada di dalam ruangan atau lift, upayakan jangan segera beranjak keluar. Pastikan dulu getaran gempa berhenti. Dan jika memang dipastikan kondisinya aman, segeralah keluar.

Dan jika kita sedang berada di dalam kendaraan, maka segeralah berhenti di tempat yang aman. Hindari jembatan atau pun jembatan layang.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gempa PBB Poster Sebar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif