Rabu, 9 September 2009 17:23 WIB Solo Share :

Mulai H-7, Dishub batasi kendaraan masuk dalam kota

Solo (Espos)–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo melarang kendaraan dari luar kota masuk ke jalan dalam kota mulai H-7 dan H+7 Lebaran tahun ini. Larangan itu diberikan untuk mengantisipasi adanya kemacetan lalu lintas di tiga jalur utama Kota Bengawan, yakni Jl Slamet Riyadi, Jl Urip Sumoharjo dan Jl Sudirman.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dishub Kota Solo Yosca Herman Soedrajad saat ditemui wartawan, Rabu (9/9), di Gedung Dewan, Karangasem, Solo. Sebagai solusinya, kata dia, sejumlah kendaraan dari luar kota yang akan masuk ke Solo dialihkan ke jalur utara dan jalur ring road, baik dari arah barat dan arah timur. Pengalihan ke jalur alternatif itu, terangnya, untuk menekan kemacetan di beberapa titik di sepanjang tiga jalan tersebut, di mana banyak ditemui pusat-pusat perbelanjaan.

Yosca memprediksikan ada peningkatan volume kendaraan pada arus mudik tahun ini sekitar 5% dari volume arus mudik tahun sebelumnya, karena banyak even Pemilu yang mempengaruhi berkurangnya kecenderungan para perantau kembali ke desa.

Kendati demikian, ujarnya, Dishub sudah menyiapkan sebanyak 981 armada bus untuk Lebaran pada tahun ini, yang terdiri atas bus AKAP, AKDP, bus sedang, bus kota sampai bus pariwisata dengan trayek reguler.

“Nah, persoalannya justru di terminal, ketika terjadi kedatangan bus dalam jumlah besar secara bersama-sama di luar time schedule. Hal itu akan mengakibatkan kapasitas terminal menjadi overload, akibatnya banyak terjadi penumpukan penumpang. Sebagai langkah antisipasinya, kami akan mengeluarkan izin insidental bagi bus-bus tertentu, jika terjadi kedatangan bus dalam jumlah besar,” tegasnya.

trh

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…