Info-mudik
Selasa, 8 September 2009 - 13:04 WIB

Pemudik sepeda motor sekitar 3,9 juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Polda Metro Jaya memperkirakan jumlah pemudik asal Jakarta yang memakai sepeda motor sebanyak 3,9 orang pada masa Lebaran 2009.

Pusat Informasi dan Komunikasi Polda Metro Jaya, Selasa (8/9) menyebutkan,  kendati jumlah sepeda motor yang akan keluar Jakarta hampir empat juta, Polri siap memberikan pengawalan.

Advertisement

Untuk memudahkan pengawalan, Polda Metro Jaya meminta agar para pengguna sepeda motor mudik secara berkelompok dan berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Hingga kini, Polda Metro Jaya sudah menerima permohonan pengawalan sekitar 15 ribu pemudik bersepeda motor.

Advertisement

Hingga kini, Polda Metro Jaya sudah menerima permohonan pengawalan sekitar 15 ribu pemudik bersepeda motor.

Sebagian besar pemudik yang telah berkoordinasi dengan polisi merupakan program mudik bersama yang digelar oleh sejumlah perusahaan di Jakarta.

Untuk mengawal 15 ribu pemudik itu, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 235 personil untuk memberikan pengawalan dengan roda dua dan empat.

Advertisement

Memasuki Kabupaten Karawang, pengawalan mudik akan digantikan oleh Polda Jawa Barat untuk  menyusuri jalur Pantura.

Di Karawang, pemudik bersepeda motor akan melewati jalur khusus sepeda motor dengan rute Tanjungpura, Lamaran, Telagasari, Lemah Abang Wadas, Kacepet, Cikalong, dan Jatisari.

Sedangkan ke arah Sumatera, Polda Metro Jaya akan mengawal hingga perbatasan wilayah Polda Banten di Kabupaten Tangerang.

Advertisement

Untuk menjaga keselamatan selama mudik, Polda Metro Jaya menyediakan empat titik pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kondisi kendaraan yakni di Bekasi, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Tangerang.

Pemudik juga akan diberikan pembekalan tentang tertib berlalu lintas sehingga tidak memacu sepeda motor secara ugal-ugalan di jalan raya.

Polda Metro Jaya juga mengimbau kepada para pemudik bersepeda motor pemudik agar mengangkut tidak lebih dari dua orang.

Advertisement

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Pemudik Sepeda Motor
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif