Info-mudik
Selasa, 8 September 2009 - 19:08 WIB

Kapolda: Kapolres harus koordinasi dengan Pemda soal pengawasan perlintasan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo meminta seluruh jajaran kapolres berkoodinasi dengan Pemerintah daerah (Pemda) untuk mengawasi perlintasan kereta api tanpa palang pengaman.

Hal ini menyusul terjadinya kecelakaan KA Argo Wilis dengan mobil Toyota Kijang yang merenggut enam korban jiwa.

Advertisement

Kapolda didampingi Kapolwil Surakarta Kombes Pol Erry Subagyo dan seluruh jajaran Kapolres se-Surakarta dalam peninjauan ke Pos Pengamanan Lebaran di Banaran, Sambungmacan, Sragen, Selasa (8/9) mengatakan berdasarkan catatan yang ada sedikitnya 284 perlintasan KA di wilayah Provinsi Jateng belum dilengkapi dengan palang pintu pengaman.

Oleh karena itu, seluruh jajaran kapolres se-Jateng diminta berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah daerah untuk penjagaan perlintasan KA tanpa palang tersebut.

“Masih banyaknya perlintasan KA tanpa palang pintu pengaman itu harus menjadi perhatian semua pihak untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan maut yang terjadi di perlintasan KA tanpa palang di perbatasan Jateng-Jatim Senin lalu,” ujarnya.

Advertisement

Kapolda mengatakan, di wilayah Jateng sendiri total terdapat sebanyak 481 perlintasan KA yang terbagi atas 284 tanpa palang dan 197 telah dilengkapi palang pintu pengaman. Khusus untuk pengamanan perlintasan tanpa palang, harus dilakukan bersama sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan khususnya para pemudik di wilayah Jateng. Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyempatkan diri meninjau lokasi kecelakaan KA dengan mobil Toyota Kijang di perlintasan Kedunglumbu, Mantingan Ngawi yang berbatasan dengan Gondang, Sragen.

Secara khusus Kapolda memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Sragen yang mempunyai kebijakan untuk menempatkan personil perlindungan masyarakat (Linmas) di perlintasan KA tanpa palang.

isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kapolda Pemda Perlintasan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif