Info-mudik
Minggu, 6 September 2009 - 18:23 WIB

Gelar 250 Pos Pam Lebaran, Polda terjunkan 18.762 personil

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Kepolisian Daerah (Polda) Jateng menggelar 250 pos pengamanan Lebaran 2009 tersebar di seluruh kepolisian wilayah (Polwil) dengan melibatkan sebanyak 18.762 personil Polri.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jateng, Kombes Pol Suwarno menyatakan penempatan pos pengaman (Pos Pam) Lebaran pada lokasi strategis untuk memberikan keamanan kepada masyarakat. “Pos Pam selain memberikan pelayanan pengamanan juga berfungsi sebagai <I>rest area<I> tempat istirahat, pertolongan kesehatan, dan pelayanan pengaduan,” katanya di Semarang, Minggu (6/9).

Advertisement

Keberadan 250 Pos Pam Polda Jateng tersebar di Polwil Pekalongan sebanyak 37 pos, Polwiltabes Semarang (58 pos), Polwil Pati (38 pos), Polwil Banyumas (42 pos), Polwil Kedu (33 pos), Polwil surakarta (32 pos), dan Poltabes Solo (10 pos).

Menurut Suwarno, Pos Pam juga akan melibatkan instansi terkait lainnya yakni TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Saka Bhayangkara, Pemadam Kebaran, Dinas Kesehatan, dan Orari.

“Rencana personil TNI yang terlibat Pos Pam sebanyak 6 satuan setingkat kompi (SSK), Satpol PP 525 orang, Dishub 1.050 orang, Saka Bhayangkara 525 orang, Dinas Kesehatan 1.400 orang, Orari 175 orang,” jelas dia.

Advertisement

Suwarno menambahkan juga polisi akan memberikan perhatian khusus terhadap titik rawan kejahatan, utamanya terhadap angkutan barang dan orang pada saat mudik Lebaran. Jajaran Polda Jateng, sambung ia, telah mengantisipasi 17 titik rawan aksi kejahatan bajing loncat dengan sasaran kendaraan angkutan barang dan orang, yakni Cimohon dan Balai Kambang (Brebes), Lumbir dan Rawalo (Banyumas), Kedung Kelor (Tegal), Ampel Gading (Pemalang), Alas Roban (Batang), Sarang (Rembang).

Selain itu juga Bawen dan Jambu (Kabupaten Semarang), Cepu, Kragan (Temanggung), Dayeuh Luhur (Cilacap), Sambung (Sragen), Tawangmangu (Karanganyar), Ampel (Boyolali), dan Prambanan (Klaten).

“Di titik rawan bajing loncat tersebut ditempatak sejumlah personil Polisi dilengkapi senjata api,” kata Suwarno.
oto

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Mudik Persiapan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif